Analisis Pangan

Resensi Buku

Judul               : Analisis Pangan

Penyunting    : Umar Santoso, dkk.

Penerbit          : UGM Press 

Tahun Terbit  : 2020

Analisis Pangan

Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang tidak bisa diabaikan. Ketersediaan pangan yang mencukupi tidak hanya menentukan kesejahteraan individu, tetapi juga stabilitas sosial dan ekonomi suatu negara. Dalam konteks global yang terus berubah, analisis yang komprehensif tentang pangan menjadi semakin penting bagi keberlanjutan dan ketahanan pangan.

 Dalam bukunya yang berjudul “Analisis Pangan”, Umar Santoso dan rekan-rekannya menghadirkan sebuah kajian mendalam tentang berbagai aspek terkait pangan. Buku ini bukan hanya sekadar mengenai produksi dan distribusi pangan, tetapi juga membahas tentang keamanan pangan, keberlanjutan pertanian, dan implikasi ekonomi dan sosial dari sistem pangan yang ada.

Penulis membuka pembahasan dengan menjelaskan pentingnya memahami rantai pasok pangan, mulai dari produksi hingga konsumsi akhir. Mereka menguraikan faktor-faktor yang memengaruhi produksi pangan, seperti teknologi pertanian, kebijakan pemerintah, dan perubahan iklim, serta bagaimana hal ini berdampak pada ketersediaan dan aksesibilitas pangan bagi masyarakat.

Selain itu, buku ini juga menggali isu-isu terkait keamanan pangan, termasuk pengawasan mutu dan keamanan pangan, serta tantangan dalam menjaga kedaulatan pangan di tengah globalisasi ekonomi. Pembaca diajak untuk memahami bagaimana sistem pangan yang tidak berkelanjutan dapat menyebabkan kerentanan pangan, terutama di negara-negara berkembang.

Dengan pendekatan multidisiplinernya, buku ini tidak hanya menawarkan analisis teoritis, tetapi juga memperkenalkan metode-metode praktis dalam menganalisis data pangan. Hal ini membuat buku ini menjadi panduan yang berharga bagi mahasiswa, peneliti, dan praktisi yang tertarik dalam studi pangan dan ketahanan pangan.

Secara keseluruhan, buku ini adalah sumber pengetahuan yang komprehensif dan mendalam tentang berbagai aspek pangan. Dengan bahasa yang jelas dan pendekatan yang sistematis, buku ini menjadi referensi yang sangat bermanfaat bagi siapa pun yang tertarik dalam memahami kompleksitas sistem pangan dan mencari solusi untuk tantangan yang dihadapinya.

 

Buku ini dapat dibaca di Perpustakaan UMSIDA, akses lebih lanjut di laman :

https://perpustakaan.umsida.ac.id/index.php?p=show_detail&id=61040&keywords=Analisis+Pangan  

Related Posts