Asuhan Neonatus : Serial Sains dan Islam dalam Kebidanan

Resensi Buku

Judul                : Asuhan Neonatus : Serial Sains dan Islam dalam Kebidanan           

Pengarang     : Dewi Rokhwati

Penerbit          : AIPKEMA

Tahun Terbit  : 2020

Asuhan neonatus adalah proses yang teramat penting dalam kehidupan bayi baru lahir dan menjadi tahap awal dalam perkembangan manusia. Dalam asuhan neonatus, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi hasilnya, seperti kondisi kesehatan ibu hamil, teknik perawatan yang digunakan, dan dukungan dari keluarga. Oleh karena itu, penting bagi tenaga kesehatan untuk memahami dan memahami konsep-konsep asuhan neonatus serta mengembangkan keterampilan dan strategi yang efektif dalam menangani asuhan neonatus

Buku ini, berjudul “ASUHAN NEONATUS: Serial Islam Dan Sains Dalam Kebidanan” karya Dewi Rokhwati ini menghadirkan pandangan yang holistik dan terintegrasi terkait asuhan neonatus dalam konteks kebidanan modern yang diselaraskan dengan nilai-nilai Islam. Penulis berhasil menyajikan informasi dengan jelas dan mendalam, menggabungkan pendekatan sains dan nilai-nilai agama Islam dalam pelayanan kebidanan khususnya pada periode neonatal.

Pertama-tama, penulis membuka pembahasan dengan memberikan landasan ilmiah yang kuat mengenai perawatan neonatus. Dengan memadukan ilmu pengetahuan kedokteran dan sains kebidanan, pembaca dibimbing melalui serangkaian prosedur medis dan teknik pemeriksaan yang relevan untuk merawat bayi baru lahir.

Selain itu, buku ini memiliki nilai tambah dengan menyelipkan perspektif Islam dalam setiap tahapannya. Penekanan pada etika dan moralitas dalam memberikan asuhan neonatus menjadi salah satu poin penting yang diangkat, memberikan dimensi keagamaan yang mendalam bagi para pembaca yang ingin menyelaraskan praktik kebidanan dengan ajaran Islam.

Keunggulan lain dari buku ini terletak pada penyajian informasi yang terstruktur dengan baik. Bab demi bab dirancang untuk memberikan pemahaman menyeluruh tentang asuhan neonatus, mulai dari konsep dasar hingga tata cara praktis yang dapat diterapkan oleh tenaga kesehatan maupun calon orang tua. Dengan gaya penulisan yang lugas dan mudah dipahami, buku ini cocok sebagai referensi bagi mahasiswa kebidanan, praktisi medis, atau siapa pun yang tertarik memperdalam pengetahuan tentang perawatan bayi baru lahir.

Meskipun buku ini memberikan pendekatan yang kaya akan nilai-nilai Islam, namun penulis berhasil menjaga keseimbangan sehingga kontennya tetap relevan dan dapat diakses oleh pembaca dari berbagai latar belakang. Keseluruhan, “ASUHAN NEONATUS” merupakan karya yang menggabungkan kebijakan sains dan spiritualitas dalam konteks kebidanan, memberikan kontribusi positif bagi pengembangan ilmu kebidanan yang holistik dan berorientasi pada nilai-nilai agama.

Related Posts

Memahami Esensi Pemerintahan Daerah: Sejarah, Desentralisasi, dan Pembagian Kekuasaan

Dalam episode terbaru Podcast Budosen dari Perpustakan Umsida memaparkan isi...

Kepala Perpustakaan UMSIDA Perkuat Jaringan Internasional Melalui Kunjungan Strategis ke Astana, Kazakhstan

Astana, Kazakhstan – Dalam rangka memperkuat kerjasama internasional dan meningkatkan...

Perpustakaan UMSIDA Gandeng Universitas di Almaty untuk Kolaborasi Pengelolaan Jurnal Ilmiah

Almaty, Kazakhstan – Dalam rangkaian upaya untuk meningkatkan kerjasama internasional...