Filsafat Ekonomi Islam : Ikhtiar Memahami Nilai Esensial Ekonomi Islam

Resensi Buku

Judul               : Filsafat Ekonomi Islam : Ikhtiar Memahami Nilai Esensial Ekonomi Islam

Pengarang     : Havis Arafik

Penerbit          : Prenada Media

Tahun Terbit  : 2020

Dalam era globalisasi ini, di mana dunia semakin terinterkoneksi melalui jaringan ekonomi yang kompleks, pertanyaan mengenai etika dan nilai-nilai dalam praktik ekonomi menjadi semakin mendesak. Dalam konteks ini, “Filsafat Ekonomi Islam: Ikhtiar Memahami Nilai Esensial Ekonomi Islam” oleh Havis Aravik hadir sebagai suatu panduan yang mendalam untuk membongkar esensi dan fondasi filosofis yang mendasari sistem ekonomi berdasarkan ajaran Islam.

Ekonomi Islam tidak sekadar berkutat pada transaksi bisnis atau perbankan yang sesuai dengan prinsip syariah, melainkan mencakup suatu paradigma yang lebih luas. Dalam buku ini, pembaca akan diajak menyelami filsafat ekonomi Islam sebagai landasan bagi berbagai praktik ekonomi yang diilhami oleh prinsip keadilan, keseimbangan, dan keberkahan.

Dengan menggunakan pendekatan yang bersifat holistik terhadap ekonomi Islam. Havis Aravik tidak hanya merinci aspek-aspek praktis ekonomi Islam, tetapi juga mengajak pembaca untuk merenung dan memahami filosofi di balik setiap prinsip ekonomi yang diajarkan dalam Islam. Penekanannya pada nilai-nilai esensial memberikan dimensi spiritual yang mendalam pada pembahasan ekonomi, sehingga pembaca tidak hanya mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana bertransaksi secara Islami, tetapi juga memahami tujuan lebih besar dari praktik-praktik tersebut.

Buku ini juga memberikan gambaran yang jelas mengenai konsep keadilan ekonomi dalam Islam. Penulis membahas bagaimana distribusi kekayaan seharusnya dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip Islam, dengan memberikan perhatian khusus pada zakat, infak, dan sedekah. Melalui pembahasan ini, pembaca diingatkan tentang tanggung jawab sosial dan moral yang melekat pada setiap individu dalam mewujudkan keadilan ekonomi.

Namun, sekalipun buku ini memberikan wawasan mendalam, pendekatannya yang bersifat teoritis dengan berbagai istilah teknis dibidang kajian ekonomi islam dan filsafat membuat buku ini susah dicerna oleh pembaca awam. Rujukan referensi dibidang kajian filsafat, dan ekonomi islam mungkin diperlukan untuk memandu para pembacanya dalam memahami topik bahasan dalam buku ini.

Secara keseluruhan, “Filsafat Ekonomi Islam: Ikhtiar Memahami Nilai Esensial Ekonomi Islam” adalah sebuah kontribusi berharga untuk pemahaman ekonomi Islam yang lebih mendalam. Havis Aravik berhasil menyajikan argumen-argumen yang kuat dan memberikan landasan filosofis yang kokoh untuk praktik-praktik ekonomi dalam Islam. Meskipun mungkin tidak sesuai untuk pembaca pemula, buku ini akan memberikan pencerahan bagi mereka yang ingin memahami hubungan antara ekonomi dan nilai-nilai spiritual Islam.

Related Posts

Memahami Esensi Pemerintahan Daerah: Sejarah, Desentralisasi, dan Pembagian Kekuasaan

Dalam episode terbaru Podcast Budosen dari Perpustakan Umsida memaparkan isi...

Kepala Perpustakaan UMSIDA Perkuat Jaringan Internasional Melalui Kunjungan Strategis ke Astana, Kazakhstan

Astana, Kazakhstan – Dalam rangka memperkuat kerjasama internasional dan meningkatkan...

Perpustakaan UMSIDA Gandeng Universitas di Almaty untuk Kolaborasi Pengelolaan Jurnal Ilmiah

Almaty, Kazakhstan – Dalam rangkaian upaya untuk meningkatkan kerjasama internasional...