Islam dan Agenda Indonesia Berkemajuan : Terwujudnya Toleransi, Demokrasi dan Keadilan

Resensi Buku

Judul               : Islam dan Agenda Indonesia Berkemajuan : Terwujudnya Toleransi, Demokrasi dan Keadilan

Penyunting    : Achmad Jainuri

Penerbit          : Hikmah Press

Tahun Terbit  : 2020

Indonesia, sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam terbesar di dunia, memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk wajah Islam yang moderat, toleran, dan progresif. Sejarah panjang bangsa ini telah memberikan landasan bagi Islam yang berkembang secara damai, harmonis, dan berdampingan dengan berbagai kepercayaan dan budaya lainnya. Dalam konteks ini, pemahaman yang mendalam tentang bagaimana Islam dapat berkontribusi dalam mewujudkan kemajuan, toleransi, demokrasi, dan keadilan menjadi sangat penting.

 Dalam bukunya yang berjudul “Islam dan Agenda Indonesia Berkemajuan: Terwujudnya Toleransi, Demokrasi, dan Keadilan,” Achmad Jainuri mengeksplorasi peran penting Islam dalam membangun Indonesia yang maju, beradab, dan berkeadilan. Jainuri membawa pembaca untuk memahami bagaimana nilai-nilai Islam dapat diaplikasikan secara efektif dalam konteks kemajuan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia.

Buku ini bukan hanya sekedar analisis akademis, tetapi juga merupakan panggilan kepada para pembaca untuk mengambil peran aktif dalam membangun masyarakat yang lebih baik berdasarkan prinsip-prinsip Islam yang inklusif dan progresif. Jainuri membahas isu-isu penting seperti toleransi antaragama, hak asasi manusia, partisipasi politik, dan keadilan sosial, dan mengilustrasikan bagaimana prinsip-prinsip Islam dapat memberikan kontribusi positif dalam menjawab tantangan-tantangan tersebut.

Dengan pendekatan yang komprehensif dan berbasis pada pemahaman yang mendalam tentang Islam dan realitas Indonesia, “Islam dan Agenda Indonesia Berkemajuan: Terwujudnya Toleransi, Demokrasi, dan Keadilan” menjadi panduan yang berharga bagi siapa pun yang tertarik dalam menjelajahi hubungan antara Islam dan kemajuan di negara ini. Buku ini tidak hanya memberikan wawasan yang mendalam, tetapi juga mendorong pembaca untuk merenungkan peran mereka dalam mewujudkan cita-cita bersama akan kemajuan, toleransi, demokrasi, dan keadilan di Indonesia.

Dengan demikian, karya Achmad Jainuri ini tidak hanya menjadi sumbangan berharga bagi perkembangan pemikiran tentang Islam di Indonesia, tetapi juga menjadi panggilan kepada seluruh masyarakat untuk bersatu dalam membangun negara yang lebih baik, sesuai dengan nilai-nilai luhur Islam yang mengedepankan keadilan, toleransi, dan kemajuan bersama.

Buku ini dapat dibaca di Perpustakaan UMSIDA, akses lebih lanjut di laman :

https://perpustakaan.umsida.ac.id/index.php?p=show_detail&id=61528&keywords=achmad+jainuri  

Related Posts

Eksplorasi Layanan Perpustakaan UMSIDA dalam Webinar Edukatif bagi Dosen

Sidoarjo – Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) kembali menunjukkan komitmennya...

Inovasi Statistik di Perpustakaan UMSIDA: Pojok Statistik Virtual dan Program Agen Statistik untuk Meningkatkan Partisipasi Mahasiswa

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) terus berinovasi dengan memperkenalkan dua...

Integritas Akademik di Era Digital: UMSIDA Gelar Workshop Literasi AI

Dalam upaya meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam memanfaatkan teknologi...