Konsep Bobath : Teori dan Praktik Klinis dalam Rehabililtasi Neurologis

Resensi Buku

udul                : Konsep Bobath : Teori dan Praktik Klinis dalam Rehabililtasi Neurologis       

Pengarang     : Sue Raine

Penerbit          : EGC

Tahun Terbit  : 2020

Sistem saraf, sebagai pilar utama yang mengatur fungsi-fungsi vital tubuh, menjadi fondasi bagi kehidupan dan aktivitas sehari-hari. Namun, ketika gangguan neurologis menyerang, fondasi tersebut dapat terguncang, meruntuhkan kestabilan yang dulu dianggap sebagai hak istimewa kesehatan kita.

Serangan stroke dan berbagai penyakit neurodegeneratif mengganggu sistem saraf dan mempengaruhi fungsi otot, koordinasi gerakan, persepsi sensorik kognisi dan berbagai fungsi tubuh lainnya. Setiap gangguan neurologis memiliki karakteristik dan gejala yang berbeda, dan penanganannya dapat melibatkan berbagai pendekatan seperti rehabilitasi fisik, pengobatan obat-obatan, terapi wicara, dan dukungan psikologis.

Konsep Bobath, atau sering disebut sebagai Terapi Bobath, adalah suatu metode rehabilitasi neurologis yang dikembangkan oleh pasangan terapis fisik asal Inggris, Berta dan Karel Bobath untuk membantu individu yang mengalami gangguan gerakan dan fungsi akibat gangguan neurologis seperti stroke, cedera otak traumatis, sclerosis multipel, dan kondisi neurologis lainnya.

Buku yang ditulis oleh Sue Raine ini menguraikan secara komprehensif mengenai konsep Bobath, yang bertujuan untuk meningkatkan fungsi dan kemandirian pasien dengan gangguan neurologis. Raine membahas prinsip-prinsip dasar teori Bobath dengan jelas, memastikan pembaca memahami landasan ilmiah di balik metode ini, melalui bahasa yang mudah dipahami oleh mahasiswa dan praktisi kesehatan.

Salah satu kelebihan utama buku ini adalah penyajian praktik klinis yang terperinci. Pembaca tidak hanya diberikan pemahaman teoretis, tetapi juga diarahkan pada penerapan konsep Bobath dalam situasi klinis sehari-hari. Ini memberikan nilai tambah signifikan bagi para profesional yang ingin mengintegrasikan konsep Bobath ke dalam praktek mereka.Selain itu, buku ini mencerminkan pembaruan terbaru dalam dunia rehabilitasi neurologis, dengan merinci perkembangan terkini dan penelitian terkait. Hal ini memberikan pembaca pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana konsep Bobath dapat diterapkan secara efektif dalam konteks perawatan kesehatan yang selalu berkembang.

“Konsep Bobath merupakan sistem rehabilitasi neurologis yang telah teruji secara klinis, sehingga karya yang disajikan oleh Sue Raine ini merupakan sumber yang berharga bagi mereka yang tertarik dalam bidang rehabilitasi neurologis. Dengan menyajikan kombinasi yang baik antara teori dan aplikasi klinis, buku ini menjadi referensi penting dalam upaya meningkatkan pemahaman dan penerapan konsep Bobath dalam praktik kesehatan.

 

Buku Ini dapat diakses di Perpustakaan UMSIDA, dengan tautan pencarian berikut : https://perpustakaan.umsida.ac.id/index.php?p=show_detail&id=60526&keywords=Sue+Raine

Related Posts

Memahami Esensi Pemerintahan Daerah: Sejarah, Desentralisasi, dan Pembagian Kekuasaan

Dalam episode terbaru Podcast Budosen dari Perpustakan Umsida memaparkan isi...

Kepala Perpustakaan UMSIDA Perkuat Jaringan Internasional Melalui Kunjungan Strategis ke Astana, Kazakhstan

Astana, Kazakhstan – Dalam rangka memperkuat kerjasama internasional dan meningkatkan...

Perpustakaan UMSIDA Gandeng Universitas di Almaty untuk Kolaborasi Pengelolaan Jurnal Ilmiah

Almaty, Kazakhstan – Dalam rangkaian upaya untuk meningkatkan kerjasama internasional...