Konsep Farmakokinetika Klinis

Resensi Buku

Judul               : Konsep Farmakokinetika Klinis

Penyunting    : William J.Sprull, dkk.

Penerbit          : EGC  

Tahun Terbit  : 2016

Konsep Farmakokinetika Klinis” merupakan karya dari William J. Spruill, dkk. Yang memberikan panduan komprehensif untuk memahami prinsip, konsep, dan aplikasi praktis farmakokinetika klinis.

Buku terbagi menjadi beberapa bab yang dimulai dengan perkenalan mengenai konsep-konsep dasar, seperti penyerapan, distribusi, metabolisme, dan eliminasi obat, memungkinkan pembaca untuk memahami dasar-dasar sebelum memasuki topik yang lebih kompleks. Pendekatan ini memastikan bahwa bahkan pembaca dengan pengetahuan terbatas sebelumnya dapat dengan mudah mengikuti.

Salah satu kekuatan utama buku ini adalah gaya penulisannya yang jelas dan ringkas. Spruill menjelaskan konsep-konsep kompleks dengan cara yang mudah dipahami oleh pemula maupun pembaca yang lebih mahir. Penggunaan contoh dunia nyata dan studi kasus sepanjang buku membantu memperkuat materi dan menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik.

Selain itu, buku ini memberikan eksplorasi mendalam tentang persamaan dan perhitungan farmakokinetik. Spruill menyajikan rumus-rumus ini secara detail,  langkah demi langkah, memudahkan pembaca untuk memahaminya dan menerapkannya dalam pengaturan klinis. Penyertaan banyak masalah latihan dan latihan memungkinkan pembaca menguji pemahaman mereka dan mendapatkan kepercayaan diri dalam perhitungan farmakokinetik mereka.

Pembahasan lain yang mencolok dari “Konsep dalam Farmakokinetika Klinis” adalah penekanan pada relevansi klinis. Penulis menyoroti implikasi praktis farmakokinetika dalam perawatan pasien, termasuk penyesuaian dosis untuk populasi khusus, interaksi obat-obatan, dan pemantauan obat terapeutik. Fokus pada implikasi dunia nyata membuat buku ini sangat berharga bagi para profesional kesehatan yang terlibat dalam pengelolaan obat.

Meskipun buku ini terutama ditujukan untuk para profesional kesehatan, buku ini juga dapat menjadi referensi yang sangat baik bagi mahasiswa yang menempuh gelar di bidang farmasi, kedokteran, atau bidang terkait lainnya. Penyertaan glosarium komprehensif dan daftar referensi yang luas lebih memperkaya nilai buku ini sebagai sumber informasi yang dapat diandalkan.

“Konsep dalam Farmakokinetika Klinis” oleh William J. Spruill adalah sumber daya yang tidak dapat digantikan bagi siapa saja yang mencari pemahaman komprehensif tentang prinsip dan aplikasi farmakokinetik. Dengan gaya penulisan yang jelas, contoh praktis, dan penekanan pada relevansi klinis, buku ini menjadi panduan yang sangat baik bagi para profesional kesehatan dan mahasiswa. Meskipun terdapat potensi adanya informasi usang, buku ini tetap menjadi aset berharga dalam bidang farmakokinetika klinis.

Related Posts

Memahami Esensi Pemerintahan Daerah: Sejarah, Desentralisasi, dan Pembagian Kekuasaan

Dalam episode terbaru Podcast Budosen dari Perpustakan Umsida memaparkan isi...

Kepala Perpustakaan UMSIDA Perkuat Jaringan Internasional Melalui Kunjungan Strategis ke Astana, Kazakhstan

Astana, Kazakhstan – Dalam rangka memperkuat kerjasama internasional dan meningkatkan...

Perpustakaan UMSIDA Gandeng Universitas di Almaty untuk Kolaborasi Pengelolaan Jurnal Ilmiah

Almaty, Kazakhstan – Dalam rangkaian upaya untuk meningkatkan kerjasama internasional...