Literasi Informasi Ilmiah untuk Kedokteran dan Kesehatan

Resensi Buku

Judul               : Literasi Informasi Ilmiah untuk Kedokteran dan Kesehatan

Penyunting    : Burhannudin Ichsan

Penerbit          : Muhammadiyah University Press 

Tahun Terbit  : 2020

Bidang kedokteran dan kesehatan merupakan salah satu ranah yang terus berkembang seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kesehatan adalah aspek penting dalam kehidupan manusia yang tidak hanya mencakup upaya pencegahan penyakit, tetapi juga diagnosis, pengobatan, dan pemulihan. Sebagai profesional di bidang ini, dokter dan tenaga kesehatan lainnya diharapkan memiliki pengetahuan yang mendalam dalam mengakses, mengevaluasi, dan menggunakan informasi ilmiah dengan tepat. Oleh karena itu, literasi informasi ilmiah menjadi keterampilan yang sangat diperlukan bagi para praktisi kesehatan.

 Dalam bukunya yang berjudul “Literasi Informasi Ilmiah untuk Kedokteran dan Kesehatan,” Burhannudin Ichsan membahas secara komprehensif mengenai pentingnya literasi informasi ilmiah dalam konteks kedokteran dan kesehatan. Ichsan membawa pembaca melalui perjalanan yang mendalam tentang bagaimana mengakses, mengevaluasi, dan menggunakan informasi ilmiah dengan tepat dan efektif.

Salah satu poin yang dibahas dengan jelas dalam buku ini adalah pentingnya memahami sumber-sumber informasi ilmiah yang terpercaya. Dalam era di mana informasi dapat dengan mudah diakses melalui internet, kemampuan untuk memilah dan menilai keandalan sumber informasi menjadi keterampilan yang sangat penting. Ichsan memberikan panduan praktis tentang bagaimana mengenali sumber-sumber informasi yang dapat dipercaya dalam konteks kedokteran dan kesehatan, sehingga membantu para pembaca untuk menghindari informasi yang salah atau tidak akurat.

Selain itu, buku ini juga membahas teknik-teknik dasar dalam membaca, memahami, dan mengevaluasi literatur ilmiah. Ichsan menguraikan langkah-langkah yang harus diambil untuk mengkritisi studi ilmiah, memahami metodologi penelitian, dan menarik kesimpulan yang relevan dari literatur yang ada.

Dengan gaya penulisan yang jelas dan sistematis, Burhannudin Ichsan berhasil menyajikan materi yang kompleks tentang literasi informasi ilmiah dengan mudah dipahami oleh pembaca dari berbagai latar belakang. “Literasi Informasi Ilmiah untuk Kedokteran dan Kesehatan” tidak hanya relevan bagi para profesional di bidang kesehatan, tetapi juga bermanfaat bagi mahasiswa kedokteran, peneliti, dan siapa pun yang tertarik untuk memahami lebih dalam tentang bagaimana menggunakan informasi ilmiah secara efektif dalam praktik kesehatan.

Buku ini dapat dibaca di Perpustakaan UMSIDA, akses lebih lanjut di laman :

https://perpustakaan.umsida.ac.id/index.php?p=show_detail&id=61236&keywords=Burhannudin+Ichsan   

Related Posts

Eksplorasi Layanan Perpustakaan UMSIDA dalam Webinar Edukatif bagi Dosen

Sidoarjo – Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) kembali menunjukkan komitmennya...

Inovasi Statistik di Perpustakaan UMSIDA: Pojok Statistik Virtual dan Program Agen Statistik untuk Meningkatkan Partisipasi Mahasiswa

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) terus berinovasi dengan memperkenalkan dua...

Integritas Akademik di Era Digital: UMSIDA Gelar Workshop Literasi AI

Dalam upaya meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam memanfaatkan teknologi...