Pak AR dan Jejak – jejak Bijaknya

Resensi Buku

Judul               : Pak AR dan Jejak – jejak Bijaknya 

Pengarang     : Haidar Musyafa

Penerbit          : Imania

Tahun Terbit  : 2020

Abdur Rozaq Fachrudin, atau yang akrab disapa Pak AR, adalah salah satu individu yang mampu merangkum kearifan dan dedikasi penuh dalam memajukan gerakan Muhammadiyah. Sebagai tokoh sentral dalam perkembangan organisasi tersebut, Pak AR membangun reputasi sebagai pemimpin yang visioner, intelektual, dan memiliki integritas tinggi. Riwayat hidupnya yang penuh liku-liku, ditandai dengan perjuangan dan pengabdian, menjadi pilar utama yang membangun kehadiran Muhammadiyah sebagai kekuatan keislaman yang signifikan di Indonesia..

Buku berjudul “Pak AR dan Jejak-jejak Bijaknya,” yang diolah oleh pena terampil Haidar Musyafa, menghadirkan sebuah kisah hidup yang tak hanya menggambarkan perjalanan seorang pemimpin, tetapi juga mengupas kebijaksanaan dan kearifan yang melekat pada diri Pak AR. Melalui buku ini, pembaca diajak untuk meresapi jejak-jejak kebijakan, keteladanan, dan nilai-nilai luhur yang menjadi landasan hidup Pak AR.

Tujuan dari penulisan buku ini mencakup berbagai dimensi. Pertama, sebagai upaya untuk mengabadikan riwayat hidup seorang tokoh Muhammadiyah yang berperan penting dalam membentuk identitas dan perjalanan organisasi Islam di Indonesia. Kedua, buku ini berfungsi sebagai sumber inspirasi, menggali nilai-nilai kehidupan Pak AR yang dapat menjadi pedoman bagi generasi muda dan para penggiat Muhammadiyah. Haidar Musyafa dengan teliti membongkar setiap langkah, keputusan, dan peristiwa penting dalam kehidupan Pak AR, memberikan pembaca akses langsung pada kearifan dan kebijaksanaan yang melandasi langkah-langkahnya.

Buku ini juga mengemuka sebagai kajian mendalam tentang pengabdian Pak AR terhadap Muhammadiyah dan Islam di Indonesia. Pembaca akan diajak untuk memahami konteks sosial, politik, dan keagamaan yang membentuk pemikiran dan tindakan beliau. Melalui analisis Haidar Musyafa, buku ini bukan sekadar sekumpulan catatan biografis, melainkan sebuah karya yang menggali inti dari nilai-nilai luhur yang dicontohkan oleh Pak AR.

Dengan memahami sepak terjang dan kearifan Pak AR, pembaca diharapkan dapat mengaplikasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari dan menginspirasi perubahan positif dalam masyarakat. Dengan demikian, “Pak AR dan Jejak-jejak Bijaknya” tidak hanya menjadi sebuah bacaan sejarah, tetapi juga panduan hidup yang mencerahkan, menawarkan wawasan mendalam, dan mengajak pembaca untuk meresapi warisan kebijakan dan kearifan yang ditinggalkan oleh seorang tokoh Muhammadiyah yang begitu menginspirasi.

 

Buku Ini dapat diakses di Perpustakaan UMSIDA, dengan tautan pencarian berikut : https://perpustakaan.umsida.ac.id/index.php?p=show_detail&id=60883&keywords=Haidar+Musyafa  

Related Posts

Bedah Buku: “Introduction to Coursebook Linguistics & Literature” bersama Vidya Mandarani, M.Hum.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang pentingnya linguistik dalam studi sastra,...

Perpustakaan UMSIDA Raih Juara Harapan 2 Website Terbaik di FPPTMA AWARD 2024

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) kembali menorehkan prestasi gemilang dengan...

Podcast Bedah Buku Ajar: Pentingnya Pendidikan Musik bagi Anak Usia Dini bersama Evie Destiana

Perpustakaan UMSIDA mempersembahkan episode terbaru dari Podcast Bedah Buku Ajar...