Pintar Membuat  Kompos dari Sampah  Rumah Tangga dan Limbah Pertanian/Peternakan

Resensi Buku

Judul               : Pintar Membuat  Kompos dari Sampah  Rumah Tangga dan Limbah Pertanian/Peternakan

Penyunting    : Norbertus Kaleka

Penerbit          : Pustaka Baru

Tahun Terbit  : 2020

Peningkatan kesadaran akan pentingnya praktik-praktik ramah lingkungan semakin mendapat perhatian di tengah masyarakat global. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengelola sampah rumah tangga dan limbah pertanian/peternakan secara efektif dan berkelanjutan. Kompos merupakan salah satu solusi yang sangat baik untuk mengelola limbah organik tersebut, karena selain dapat mengurangi volume sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir, kompos juga dapat digunakan sebagai pupuk alami yang berguna bagi tanaman.

Dalam bukunya yang berjudul “Pintar Membuat Kompos dari Sampah Rumah Tangga dan Limbah Pertanian/Peternakan,” Norbertus Kaleka memberikan panduan praktis tentang bagaimana membuat kompos dari berbagai jenis limbah organik. Buku ini menjadi sumber informasi yang berharga bagi siapa pun yang ingin memulai atau meningkatkan praktik pembuatan kompos di rumah, pertanian, atau peternakan.

Penulis membahas langkah-langkah secara rinci mulai dari pemilihan bahan baku yang tepat, teknik pengomposan yang efektif, hingga pengelolaan dan perawatan kompos yang baik. Dengan gaya penulisan yang sederhana dan mudah dipahami, pembaca diajak untuk memahami betapa mudahnya membuat kompos dari sampah rumah tangga atau limbah pertanian/peternakan yang seringkali dianggap sebagai “masalah” lingkungan.

Salah satu keunggulan utama buku ini adalah penekanan pada konsep-konsep sederhana namun penting dalam pembuatan kompos, sehingga memungkinkan siapa pun, tanpa memandang latar belakang atau pengalaman, untuk mulai mempraktikkannya. Dengan membaca buku ini, pembaca akan mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang manfaat kompos, baik bagi lingkungan maupun bagi keberlanjutan pertanian dan peternakan.

Secara keseluruhan, “Pintar Membuat Kompos dari Sampah Rumah Tangga dan Limbah Pertanian/Peternakan” merupakan panduan yang sangat berguna dan praktis bagi mereka yang peduli terhadap lingkungan dan ingin berkontribusi dalam mengurangi limbah organik serta menciptakan pupuk alami yang berkualitas. Buku ini tidak hanya memberikan informasi tentang teknik pembuatan kompos, tetapi juga mendorong pembaca untuk bertindak secara proaktif dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup kita.

 

Buku ini dapat dibaca di Perpustakaan UMSIDA, akses lebih lanjut di laman :

https://perpustakaan.umsida.ac.id/index.php?p=show_detail&id=61560&keywords=norbertus+kaleka

Related Posts

Eksplorasi Layanan Perpustakaan UMSIDA dalam Webinar Edukatif bagi Dosen

Sidoarjo – Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) kembali menunjukkan komitmennya...

Inovasi Statistik di Perpustakaan UMSIDA: Pojok Statistik Virtual dan Program Agen Statistik untuk Meningkatkan Partisipasi Mahasiswa

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) terus berinovasi dengan memperkenalkan dua...

Integritas Akademik di Era Digital: UMSIDA Gelar Workshop Literasi AI

Dalam upaya meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam memanfaatkan teknologi...