Thinking, Fast and Slow

Resensi Buku

Judul               : Thinking, Fast and Slow

Pengarang     : Daniel Kahneman 

Penerbit          : Gramedia

Tahun Terbit  : 2022

“Thinking, Fast and Slow” adalah sebuah buku yang mengguncang pandangan kita tentang bagaimana manusia berpikir dan membuat keputusan. Ditulis oleh Daniel Kahneman, seorang psikolog pemenang hadiah Nobel, buku ini menggabungkan hasil penelitian ilmiah dengan gaya pemaparan yang mudah dimengerti, menjadikannya sumber wawasan yang mendalam tentang proses berpikir manusia.

Kahneman memperkenalkan dua sistem yang mendorong cara berpikir kita, yang disebutnya dengan  “Sistem Cepat” dan “Sistem Lambat”. Sistem Cepat adalah mode berpikir otomatis, instan, dan intuitif, yang memungkinkan kita untuk membuat keputusan dengan cepat, namun sistem ini rentan terhadap kesalahan dan bias, sehingga sulit diandalkan dalam proses pengambilan keputusan. Di sisi lain, Sistem Lambat adalah mode berpikir yang lebih analitis, reflektif, dan membutuhkan usaha lebih besar, namun mampu membantu kita dalam menentukan pilihan dalam bisnis serta kehidupan pribadi. Dalam buku ini, Kahneman menjelaskan bagaimana kedua sistem ini berinteraksi dan mempengaruhi cara kita mengambil keputusan dalam berbagai situasi.

“Cognitive bias” dalam bentuk overconfidence dalam menilai diri maupun oversupply dalam menilai  objek yang ada merupakan salah satu konsep kunci yang mampu mempengaruhi proses penilaian dan pengambilan keputusan, selain  “prospek teori”, yang menjelaskan bagaimana manusia menilai risiko dan memberikan nilai pada potensi kerugian atau keuntungan, sehingga persepsi yang terbentuk dapat mempengaruhi keputusan finansial, investasi, dan bahkan pengambilan risiko dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, buku ini mengangkat isu-isu seperti kepuasan dan kebahagiaan. Kahneman menjelaskan bagaimana manusia seringkali memiliki dua jenis kebahagiaan: “kebahagiaan saat ini” dan “kebahagiaan berkelanjutan”. Keduanya seringkali berbeda dalam prioritas dan preferensi kita, yang dapat mempengaruhi keputusan-keputusan kita dalam jangka panjang.

“Thinking, Fast and Slow” adalah karya yang mengundang pembaca untuk memeriksa kembali cara berpikir dan membuat keputusan mereka. Dengan menyajikan penelitian ilmiah dan pengalaman pribadi Kahneman sebagai seorang ahli, buku ini berhasil menghadirkan wawasan yang mendalam tentang kerumitan pikiran manusia. Buku ini cocok untuk siapa saja yang tertarik dalam psikologi, ekonomi perilaku, dan proses berpikir manusia secara keseluruhan.

 

Related Posts

Bedah Buku: “Introduction to Coursebook Linguistics & Literature” bersama Vidya Mandarani, M.Hum.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang pentingnya linguistik dalam studi sastra,...

Perpustakaan UMSIDA Raih Juara Harapan 2 Website Terbaik di FPPTMA AWARD 2024

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) kembali menorehkan prestasi gemilang dengan...

Podcast Bedah Buku Ajar: Pentingnya Pendidikan Musik bagi Anak Usia Dini bersama Evie Destiana

Perpustakaan UMSIDA mempersembahkan episode terbaru dari Podcast Bedah Buku Ajar...