Tropical Medicine : Basic and Clinic

Resensi Buku

Judul               Tropical Medicine : Basic and Clinic

Penyunting    : Rochmadina Suci Bestari

Penerbit          : UMS Press 

Tahun Terbit  : 2020

Penyakit tropis merupakan salah satu tantangan kesehatan yang kompleks dan seringkali membingungkan, terutama di daerah tropis di seluruh dunia. Dikenal karena gejala yang beragam dan sering kali tidak spesifik, diagnosis dan pengobatan penyakit-penyakit ini memerlukan pemahaman mendalam tentang karakteristik, epidemiologi, serta strategi penanganannya. Buku “Tropical Medicine: Basic and Clinic,” karya Rochmadina Suci Bestari, hadir sebagai sumber yang komprehensif tentang penyakit tropis, menguraikan konsep dasarnya hingga aplikasi klinisnya.

“Tropical Medicine: Basic and Clinic,” mengulas secara mendalam berbagai aspek penyakit tropis, mulai dari etiologi hingga penanganan klinisnya. Buku ini tidak hanya memberikan paparan teoritis tentang penyakit-penyakit tropis, tetapi juga menyoroti aspek-aspek penting dalam praktik klinis, seperti diagnosis yang akurat dan pengobatan yang efektif.

Penulis menggunakan pendekatan yang sistematis dan jelas dalam menjelaskan setiap penyakit tropis, menyajikan informasi tentang gejala, patofisiologi, diagnosis, dan pengobatan dengan detail yang memadai. Melalui penggunaan studi kasus dan ilustrasi yang relevan, pembaca diberi pemahaman yang mendalam tentang cara mengidentifikasi dan mengelola penyakit-penyakit tropis yang sering dijumpai di lapangan.

Buku ini juga mencakup informasi terkini tentang perkembangan dalam bidang kedokteran tropis, termasuk strategi pengendalian penyakit dan inovasi dalam pengobatan. Dengan demikian, “Tropical Medicine: Basic and Clinic” tidak hanya menjadi sumber rujukan yang penting bagi para profesional kesehatan yang beroperasi di daerah tropis, tetapi juga menjadi bacaan yang berharga bagi mahasiswa kedokteran dan siapa pun yang tertarik dalam memahami tantangan kesehatan yang unik di daerah tropis.

Dengan gaya penulisan yang jelas dan komprehensif, buku ini menjembatani kesenjangan antara pengetahuan teoritis dan aplikasi klinis, menjadikannya sumber yang sangat berguna bagi pembaca dalam mengatasi penyakit tropis dengan lebih efektif dan komprehensif. Sebagai hasil dari pengalaman dan keahlian penulis sebagai tenaga medis, “Tropical Medicine: Basic and Clinic” menjadi salah satu bacaan yang mutlak bagi siapa pun yang tertarik dalam memahami, mendiagnosis, dan mengobati penyakit-penyakit tropis dengan lebih baik.

Buku ini dapat dibaca di Perpustakaan UMSIDA, akses lebih lanjut di laman :

https://perpustakaan.umsida.ac.id/index.php?p=show_detail&id=61211&keywords=Tropical+Medicine%3A+Basic+and+Clinic

Related Posts

Eksplorasi Layanan Perpustakaan UMSIDA dalam Webinar Edukatif bagi Dosen

Sidoarjo – Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) kembali menunjukkan komitmennya...

Inovasi Statistik di Perpustakaan UMSIDA: Pojok Statistik Virtual dan Program Agen Statistik untuk Meningkatkan Partisipasi Mahasiswa

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) terus berinovasi dengan memperkenalkan dua...

Integritas Akademik di Era Digital: UMSIDA Gelar Workshop Literasi AI

Dalam upaya meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam memanfaatkan teknologi...