Bijak Menfasilitasi Gawai: Panduan Komprehensif untuk Mengelola Penggunaan Gawai dengan Cerdas

Dalam episode terbaru Podcast Budosen dari Perpustakan Umsida memaparkan isi menarik dari buku berjudul “Bijak Menfasilitasi Gawai” yang ditulis oleh Widyastuti dan Mohammad Suryawinata. Buku ini tidak hanya memberikan informasi terkait Gawai, namun juga membahas tren penggunaannya dan mengapa Gawai perlu digunakan dengan bijak. Podcast yang tayang pada Jumat, 26 Januari 2024 dapat disaksikan di Kanal Perpustakaan Umsida. Podcast episode kali ini di pandu oleh Pustakawan Umsida, yaitu Irta Fiddinia, S.I.Pust. dan Widyastuti, M.Psi., Psikolog sebagai narasumber serta penulis pertama dari buku ini.

Dalam buku ini, terdapat tiga cluster utama. Pertama, informasi terkait gawai dan tren penggunaannya. Kedua, mengapa kita menggunakan gawai, dengan penekanan pada dampak positifnya. Dan ketiga, strategi mengelola penggunaan gawai, melibatkan faktor internal seperti kendali diri, dan faktor eksternal terutama peran orang tua.

Salah satu temuan menarik dari buku ini adalah bahwa penggunaan gawai dapat menjadi alat efektif untuk mengajarkan anak banyak hal. Misalnya, virtual dapat menggantikan kebutuhan untuk pergi ke tempat tertentu, dan permainan dapat mendorong anak untuk bersaing dengan sehat. Namun, pentingnya mengelola waktu dan intensitas penggunaan gawai tidak boleh diabaikan.

Dalam konteks pengelolaan, buku ini menyoroti pentingnya fitur parental control, namun dengan penekanan bahwa hal ini harus diiringi oleh komunikasi yang baik kepada anak. Komunikasi yang efektif dapat memudahkan orang tua dalam menjalankan parental control, dengan mengajak anak untuk berpartisipasi dalam kesepakatan bersama.

Buku “Bijak Menfasilitasi Gawai” menawarkan perspektif yang seimbang dan solusi konkret untuk mengelola dampak penggunaan gawai pada anak-anak. Ini menjadi panduan yang berharga bagi orang tua dalam mendukung pertumbuhan anak-anak mereka di era teknologi modern.

Buku Ajar Bijak Memfasilitasi Gawai  dapat diakses pada laman:

URL: https://press.umsida.ac.id/index.php/umsidapress/article/view/978-623-6292-01-3

Katalog Perpustakaan: https://perpustakaan.umsida.ac.id/index.php?p=show_detail&id=62062&keywords=Bijak+Memfasilitasi+Gawai

Podcast Budosen juga dapat didengarkan pada tautan berikut:

Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=X-c39FH4ONo&t=299s

Noice: https://open.noice.id/content/892e5ced-7d48-4fe5-b5c5-9d362c4c2a90

Spotify:  https://anchor.fm/umsida-library/episodes/Gawai-Cerdas–Orang-Tua-Bijak-Panduan-Praktis-Mengelola-Penggunaan-Gadget-Anak-e2etkcd

Related Posts

Memahami Esensi Pemerintahan Daerah: Sejarah, Desentralisasi, dan Pembagian Kekuasaan

Dalam episode terbaru Podcast Budosen dari Perpustakan Umsida memaparkan isi...

Kepala Perpustakaan UMSIDA Perkuat Jaringan Internasional Melalui Kunjungan Strategis ke Astana, Kazakhstan

Astana, Kazakhstan – Dalam rangka memperkuat kerjasama internasional dan meningkatkan...

Perpustakaan UMSIDA Gandeng Universitas di Almaty untuk Kolaborasi Pengelolaan Jurnal Ilmiah

Almaty, Kazakhstan – Dalam rangkaian upaya untuk meningkatkan kerjasama internasional...