Inovasi Statistik di Perpustakaan UMSIDA: Pojok Statistik Virtual dan Program Agen Statistik untuk Meningkatkan Partisipasi Mahasiswa

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) terus berinovasi dengan memperkenalkan dua program unggulan, yaitu Pojok Statistik Virtual dan Konsep Agen Statistik, yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan pemahaman statistik di kalangan civitas akademika.

Pojok Statistik Virtual Umsida kini bisa diakses melalui https://pojokstatistik.bps.go.id/. Semua civitas akademika Umsida dapat membuat akun dan mendaftar di platform ini, serta berkesempatan mengikuti berbagai webinar dari kampus-kampus lain di Indonesia. Ada empat kegiatan utama yang harus dilaksanakan di setiap Pojok Statistik:

  1. Koleksi Infografis: Diisi oleh tim BPS dengan beragam informasi menarik dan informatif.
  2. Koleksi Videografis: Menampilkan video dan podcast tentang statistik, dengan narasumber dari BPS atau Umsida, yang dilaksanakan setiap bulan.
  3. Edukasi Statistik: Webinar tentang statistik yang diisi oleh narasumber dari BPS atau Umsida.
  4. Konsultasi Pojok Statistik: Dilaksanakan setiap hari Jumat oleh tim BPS, memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berkonsultasi tentang topik statistik.

Pojok Statistik yang paling aktif dalam melaksanakan keempat kegiatan ini akan mendapatkan penghargaan dari BPS.

Selain itu, Umsida juga mengembangkan Konsep Agen Statistik. Program ini dikaitkan dengan MBKM PKL, di mana mahasiswa bisa menjadi agen statistik selama satu semester sebelum berganti ke mahasiswa lain di semester berikutnya. Tantangan utama dari program ini adalah ketiadaan program studi khusus statistik di Umsida, sehingga posisi agen statistik menjadi sementara.

Untuk mengatasi tantangan ini, ada beberapa usulan yang diajukan:

  • Menjadikan mahasiswa yang aktif dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sebagai agen statistik, sehingga dapat meningkatkan partisipasi dalam program tersebut.
  • Menugaskan mahasiswa yang mengikuti mata kuliah statistik sebagai agen statistik, dengan memberikan pengakuan poin atau nilai dari Umsida.

Tindak lanjut dari kedua program ini adalah diskusi antara tim BPS dan Umsida yang akan membahas topik-topik yang dibutuhkan Umsida untuk bahan podcast yang akan diadakan kedepannya. Diskusi ini dijadwalkan pada hari Rabu, 22 Mei 2024. Selain itu, implementasi program agen statistik dalam sub kegiatan MBKM PKL, UKM, atau sebagai bagian dari poin mata kuliah akan dievaluasi lebih lanjut untuk memastikan efektivitas dan keberlanjutannya.

Dengan adanya inovasi ini, diharapkan partisipasi dan pemahaman statistik di kalangan mahasiswa Umsida dapat meningkat, serta menciptakan lingkungan akademik yang lebih produktif dan berdaya saing tinggi.

Related Posts

Bedah Buku: “Introduction to Coursebook Linguistics & Literature” bersama Vidya Mandarani, M.Hum.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang pentingnya linguistik dalam studi sastra,...

Perpustakaan UMSIDA Raih Juara Harapan 2 Website Terbaik di FPPTMA AWARD 2024

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) kembali menorehkan prestasi gemilang dengan...

Podcast Bedah Buku Ajar: Pentingnya Pendidikan Musik bagi Anak Usia Dini bersama Evie Destiana

Perpustakaan UMSIDA mempersembahkan episode terbaru dari Podcast Bedah Buku Ajar...