Biomekanik Klinis

Resensi Buku

Judul               : Biomekanik Klinis

Pengarang     : Arif Pristianto

Penerbit          : Muhammadiyah University Press

Tahun Terbit  : 2023

Buku “Biomekanik Klinis” karya Arif Pristianto adalah sebuah karya yang mengulas secara mendalam mengenai konsep biomekanik dalam bidang kesehatan. Dalam buku ini, penulis berhasil memberikan pembahasan yang komprehensif dan terstruktur dengan baik, sehingga memudahkan pembaca untuk memahami konsep-konsep dasar yang terkait dengan biomekanik klinis.

Salah satu kelebihan utama dari buku ini adalah penjelasan yang sangat jelas dan terperinci mengenai dasar-dasar biomekanik. Penulis tidak hanya menyajikan teori-teori secara teoritis, tetapi juga memberikan contoh-contoh kasus yang relevan dalam dunia klinis. Hal ini membuat pembaca dapat mengaitkan teori dengan praktik dan memperdalam pemahaman mereka tentang aplikasi biomekanik dalam diagnosis dan penanganan pasien.

Selain itu, buku ini juga mengulas berbagai teknik evaluasi dan pengukuran yang digunakan dalam biomekanik klinis secara lengkap. Penulis memberikan penjelasan yang rinci mengenai penggunaan alat-alat dan teknik-teknik tersebut, sehingga pembaca dapat mempelajari dan mengaplikasikannya dengan mudah. Dalam setiap bab, buku ini juga menyajikan ilustrasi yang mendukung penjelasan teks, sehingga memudahkan pembaca untuk memahami konsep-konsep yang dibahas.

Meskipun buku ini memiliki banyak kelebihan, terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah adanya beberapa bagian yang terlalu teknis dan sulit dipahami bagi pembaca yang belum memiliki latar belakang yang kuat dalam biomekanik. Penulis terkadang menggunakan istilah-istilah teknis tanpa memberikan penjelasan yang memadai, sehingga pembaca harus merujuk ke sumber lain untuk memahaminya dengan baik.

Selain itu, buku ini cenderung memberikan fokus yang lebih besar pada aspek teoretis daripada aplikatif. Meskipun contoh kasus diberikan, namun masih terbilang sedikit dibandingkan dengan penjelasan teori. Hal ini dapat membuat pembaca yang lebih tertarik dengan aplikasi langsung dalam praktik klinis merasa kurang puas.

Secara keseluruhan, buku “Biomekanik Klinis” karya Arif Pristianto adalah sebuah panduan yang baik untuk mempelajari dan memahami konsep biomekanik dalam konteks klinis. Pembahasan yang jelas dan terperinci, serta penjelasan teknik-teknik evaluasi yang lengkap, membuat buku ini menjadi sumber yang berharga bagi para profesional kesehatan maupun mahasiswa yang tertarik dalam bidang biomekanik klinis. Meskipun terdapat kekurangan dalam hal teknisitas dan keterbatasan contoh kasus, buku ini tetap layak dipertimbangkan untuk dibaca dan dipelajari.

Related Posts

Bedah Buku: “Introduction to Coursebook Linguistics & Literature” bersama Vidya Mandarani, M.Hum.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang pentingnya linguistik dalam studi sastra,...

Perpustakaan UMSIDA Raih Juara Harapan 2 Website Terbaik di FPPTMA AWARD 2024

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) kembali menorehkan prestasi gemilang dengan...

Podcast Bedah Buku Ajar: Pentingnya Pendidikan Musik bagi Anak Usia Dini bersama Evie Destiana

Perpustakaan UMSIDA mempersembahkan episode terbaru dari Podcast Bedah Buku Ajar...