Media dan Dinamika Demokrasi

Resensi Buku

Judul               : Media dan Dinamika Demokrasi

Penyunting    : Anang Sujoko

Penerbit          : Kencana

Tahun Terbit  : 2020

Dalam era informasi digital yang semakin maju, media memegang peran krusial dalam membentuk dan mempengaruhi dinamika demokrasi di berbagai belahan dunia. Media bukan hanya sebagai penyampai informasi, tetapi juga menjadi platform penting bagi partisipasi politik, diskusi publik, dan akuntabilitas pemerintah. Seiring dengan peran pentingnya dalam memfasilitasi proses demokratis, muncul pertanyaan kritis tentang bagaimana media memengaruhi kualitas dan keberlangsungan demokrasi.

 Dalam bukunya yang berjudul “Media dan Dinamika Demokrasi”, Anang Sujoko menyelidiki kompleksitas hubungan antara media dan praktik demokrasi. Sujoko membawa pembaca dalam sebuah perjalanan yang memperjelas bagaimana media memengaruhi proses politik, partisipasi publik, serta pembentukan opini dan identitas politik.

Penulis menyoroti peran media dalam menyediakan akses informasi yang luas bagi masyarakat, yang pada gilirannya memungkinkan warga negara untuk terlibat dalam proses politik dengan lebih baik. Namun, seiring dengan kemudahan akses informasi, muncul juga tantangan baru, seperti masalah kebenaran, polarisasi politik, dan manipulasi informasi yang dapat mengancam kesehatan demokrasi.

 

Dengan merangkum berbagai teori dan penelitian terkait, penulis memberikan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana media membentuk opini publik, mempengaruhi proses pemilihan umum, dan bahkan membentuk agenda politik. Namun, buku ini tidak hanya menggambarkan dampak media pada demokrasi, tetapi juga mengajak pembaca untuk merenungkan peran dan tanggung jawab media dalam menjaga integritas demokrasi.

“Media dan Dinamika Demokrasi” merupakan sumber yang berharga bagi siapa pun yang tertarik untuk memahami dinamika antara media dan demokrasi. Dengan analisis yang mendalam dan pendekatan yang berimbang, Sujoko membantu pembaca untuk menggali lebih dalam tentang bagaimana media dapat menjadi kekuatan yang memperkuat atau melemahkan fondasi demokrasi kita.

 

Buku ini dapat dibaca di Perpustakaan UMSIDA, akses lebih lanjut di laman :

https://perpustakaan.umsida.ac.id/index.php?p=show_detail&id=61008&keywords=Media+dan+Dinamika+Demokrasi  

Related Posts