Perjalanan Sejarah TK ABA di Indonesia (191-2019)

Resensi Buku

Judul               : Perjalanan Sejarah TK ABA di Indonesia (191-2019)     

Pengarang     : Tim Penelitia Sejarah TK ABA PTM

Penerbit          : UMM Press

Tahun Terbit  : 2020

Pendidikan anak merupakan salah satu aspek kritis dalam pembangunan suatu bangsa. Aisyiyah sebagai salah satu organisasi bagian dari Muhammadiyah telah lama aktif dalam memberikan kontribusi dibidang Pendidikan anak dengan mendirikan Taman Kanak-Kanak dengan nama TK ABA.

“Perjalanan sejarah TK ABA di Indonesia (1919-2019)” merupakan karya fenomenal yang merangkum perjalanan Panjang kontribusi TK ABA dalam mendidik anak-anak Indonesia dengan melandaskan diri pada prinsip-prinsip nilai keislaman.

Tim peneliti mengulas secara mendalam perjalanan sejarah TK ABA (Taman Kanak-Kanak Anak Bangsa) sepanjang seratus tahun, sejak berdirinya pada tahun 1919 hingga 2019. Dengan cermat dan teliti, mereka menyajikan fakta-fakta penting, peristiwa bersejarah, serta perkembangan yang membentuk wajah dan eksistensi TK ABA di Indonesia. Buku ini bukan hanya merupakan sekadar catatan kronologis, melainkan juga memberikan analisis mendalam terhadap dampak sosial, pendidikan, dan kultural yang dihasilkan oleh TK ABA dalam masyarakat Indonesia.

Para penulis secara rinci mengulas evolusi pendidikan anak usia dini di Indonesia melalui lensa TK ABA, memberikan sorotan pada peran institusi ini dalam membentuk karakter anak-anak Indonesia. Selain itu, buku ini juga menggambarkan peran TK ABA dalam mengatasi tantangan dan perubahan zaman, menegaskan kontribusinya dalam mengembangkan metode pendidikan yang sesuai dengan perkembangan anak.

Selain aspek sejarah, buku ini juga memberikan gambaran tentang visi dan misi TK ABA, serta bagaimana institusi ini terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan tuntutan pendidikan modern. Dengan penulisan yang lugas dan jelas, buku ini tidak hanya menjadi sumber rujukan bagi kalangan akademisi, tetapi juga dapat dinikmati oleh pembaca umum yang tertarik dengan perkembangan pendidikan anak di Indonesia.

“Perjalanan Sejarah TK ABA di Indonesia (1919-2019)” adalah sebuah sumbangan berharga untuk literatur sejarah pendidikan Indonesia. Buku ini tidak hanya merayakan perjalanan panjang TK ABA, tetapi juga merangsang pemikiran tentang pentingnya pendidikan anak usia dini dalam membangun fondasi yang kokoh bagi masa depan bangsa.

Related Posts

Memahami Esensi Pemerintahan Daerah: Sejarah, Desentralisasi, dan Pembagian Kekuasaan

Dalam episode terbaru Podcast Budosen dari Perpustakan Umsida memaparkan isi...

Kepala Perpustakaan UMSIDA Perkuat Jaringan Internasional Melalui Kunjungan Strategis ke Astana, Kazakhstan

Astana, Kazakhstan – Dalam rangka memperkuat kerjasama internasional dan meningkatkan...

Perpustakaan UMSIDA Gandeng Universitas di Almaty untuk Kolaborasi Pengelolaan Jurnal Ilmiah

Almaty, Kazakhstan – Dalam rangkaian upaya untuk meningkatkan kerjasama internasional...