Perspektifk Pedagogi Entrepreneurship di Pendidikan Tinggi

Resensi Buku

Judul               : Perspektifk Pedagogi Entrepreneurship di Pendidikan Tinggi 

Pengarang     : Ganefri dan Hendra Hidayat

Penerbit          : Kencana

Tahun Terbit  : 2020

Pendidikan tinggi saat ini tidak hanya bertujuan untuk menyampaikan pengetahuan akademis, tetapi juga harus mampu membentuk individu yang tangguh dan kreatif, siap menghadapi tuntutan dunia bisnis yang terus berubah.

Buku ‘Perspektif Pedagogi Entrepreneurship di Pendidikan Tinggi’ yang ditulis oleh Ganefri dan Hendra Hidayat merupakan sebuah karya yang memperkaya wawasan tentang pendidikan tinggi, khususnya dalam konteks pengembangan jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswa. Dalam buku ini, para penulis membahas secara komprehensif tentang bagaimana pendidikan tinggi dapat menjadi wahana yang efektif untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan di kalangan generasi muda.

Salah satu keunggulan utama buku ini adalah pendekatan pedagogis yang digunakan untuk membahas isu kewirausahaan. Ganefri dan Hendra Hidayat tidak hanya menyajikan teori dan konsep-konsep, tetapi juga memberikan panduan praktis untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip kewirausahaan ke dalam kurikulum pendidikan tinggi. Ini memberikan arah yang jelas bagi para pendidik yang ingin mengimplementasikan metode pengajaran yang berfokus pada pengembangan keterampilan kewirausahaan.

Buku ini mencakup berbagai aspek, mulai dari identifikasi karakteristik kewirausahaan, strategi pengajaran yang efektif, hingga pengukuran hasil pendidikan dalam konteks kewirausahaan. Penggunaan studi kasus dan contoh implementasi di berbagai lembaga pendidikan tinggi juga memberikan dimensi praktis yang membuat buku ini relevan dan dapat diaplikasikan dalam berbagai konteks.

Selain itu, penekanan pada peran teknologi dan inovasi dalam mendukung pendidikan kewirausahaan merupakan nilai tambah yang signifikan. Para penulis dengan bijaksana mengeksplorasi bagaimana teknologi dapat menjadi alat yang efektif untuk memfasilitasi pembelajaran dan membangun ekosistem kewirausahaan di lingkungan pendidikan tinggi.

Meskipun buku ini terutama ditujukan untuk para akademisi dan pendidik, pembaca dari berbagai latar belakang juga dapat menemukan nilai tambah dalam pemahaman mereka tentang kewirausahaan. Gaya penulisan yang lugas dan jelas membuat buku ini mudah dipahami, bahkan oleh pembaca yang tidak memiliki latar belakang pendidikan tinggi.

‘Perspektif Pedagogi Entrepreneurship di Pendidikan Tinggi’ bukan hanya sekadar panduan, tetapi juga merupakan suatu terobosan dalam menggagas perubahan positif dalam paradigma pendidikan tinggi. Dengan fokus pada pembentukan karakter kewirausahaan, buku ini mendorong kita untuk memandang pendidikan sebagai sarana untuk menciptakan inovator dan pemimpin masa depan yang memiliki daya saing tinggi di ranah kewirausahaan global.”

Related Posts

Memahami Esensi Pemerintahan Daerah: Sejarah, Desentralisasi, dan Pembagian Kekuasaan

Dalam episode terbaru Podcast Budosen dari Perpustakan Umsida memaparkan isi...

Kepala Perpustakaan UMSIDA Perkuat Jaringan Internasional Melalui Kunjungan Strategis ke Astana, Kazakhstan

Astana, Kazakhstan – Dalam rangka memperkuat kerjasama internasional dan meningkatkan...

Perpustakaan UMSIDA Gandeng Universitas di Almaty untuk Kolaborasi Pengelolaan Jurnal Ilmiah

Almaty, Kazakhstan – Dalam rangkaian upaya untuk meningkatkan kerjasama internasional...