Resensi Analisis Data Penelitian

Resensi Buku

Judul               : Analisis Data Penelitian Kuantitatif Bidang Kesehatan

Pengarang     : Agung Sutriyawan

Penerbit          : Refika Aditama

Tahun Terbit  : 2023

Dalam dunia penelitian kesehatan yang dinamis, keahlian dalam analisis data kuantitatif menjadi sangat penting bagi peneliti, mahasiswa, dan para profesional di bidang kesehatan. Agung Sutriyawan, melalui bukunya yang berjudul “Analisis Data Penelitian Kuantitatif Bidang Kesehatan,” tidak hanya menawarkan panduan teknis, tetapi juga mengajak pembaca untuk meresapi kompleksitas analisis data dalam konteks kesehatan.

Buku ini dimulai dengan memberikan pemahaman dasar tentang penelitian kuantitatif dan urgensi analisis data yang akurat dalam domain kesehatan. Sutriyawan menguraikan konsep-konsep statistik esensial, termasuk pemilihan sampel, pengumpulan data, dan pengukuran variabel. Penulis juga membahas kerangka konseptual penelitian kuantitatif serta kebutuhan menyusun hipotesis yang jelas.

Berlanjut, Sutriyawan mengenalkan berbagai teknik analisis data yang relevan dalam konteks kesehatan. Mulai dari statistik deskriptif, analisis inferensial, uji hipotesis, hingga teknik analisis multivariat. Penggunaan contoh kasus nyata membantu pembaca memahami aplikasi praktis dari berbagai teknik analisis dalam penelitian kesehatan. Buku ini juga mengupas penggunaan perangkat lunak statistik yang umum digunakan.

Selain itu, buku ini memandu pembaca dalam interpretasi hasil analisis data dan penyajian temuan penelitian. Sutriyawan memberikan petunjuk tentang penyusunan tabel dan grafik yang informatif, serta pentingnya melaporkan hasil penelitian secara akurat dan jelas.

Kelebihan utama buku ini terletak pada penjelasan yang terperinci dan mudah dipahami. Sutriyawan berhasil menyajikan konsep-konsep yang kompleks dengan bahasa yang jelas, disertai contoh-contoh relevan yang membantu pembaca memahami dengan lebih baik. Ditunjang oleh tabel, grafik, dan diagram, buku ini memberikan visualisasi yang efektif terhadap konsep-konsep statistik.

Meski memberikan wawasan yang mendalam tentang analisis data penelitian kuantitatif di bidang kesehatan, buku ini mungkin lebih sesuai bagi pembaca yang telah memiliki pemahaman dasar tentang statistik dan metodologi penelitian. Bagi mereka yang baru terjun ke dunia ini, beberapa konsep dan teknik mungkin terasa rumit. Selain itu, buku ini tidak secara mendalam membahas teknik analisis yang lebih kompleks atau tren terkini dalam analisis data kesehatan.

Secara keseluruhan, “Analisis Data Penelitian Kuantitatif Bidang Kesehatan” oleh Agung Sutriyawan tetap menjadi sumber yang berharga bagi siapa pun yang ingin menguasai analisis data kuantitatif dalam konteks penelitian kesehatan.

Related Posts

Memahami Esensi Pemerintahan Daerah: Sejarah, Desentralisasi, dan Pembagian Kekuasaan

Dalam episode terbaru Podcast Budosen dari Perpustakan Umsida memaparkan isi...

Kepala Perpustakaan UMSIDA Perkuat Jaringan Internasional Melalui Kunjungan Strategis ke Astana, Kazakhstan

Astana, Kazakhstan – Dalam rangka memperkuat kerjasama internasional dan meningkatkan...

Perpustakaan UMSIDA Gandeng Universitas di Almaty untuk Kolaborasi Pengelolaan Jurnal Ilmiah

Almaty, Kazakhstan – Dalam rangkaian upaya untuk meningkatkan kerjasama internasional...