Serba-Serbi Pengelolaan Jurnal

Resensi Buku

Judul               : Serba-Serbi Pengelolaan Jurnal

Pengarang     : Achmad Zulfikar

Penerbit          : Relawan Jurnal Indonesia

Tahun Terbit  : 2018

Dalam era informasi digital, publikasi ilmiah melalui jurnal menjadi unsur krusial bagi perkembangan pengetahuan dan kemajuan ilmu pengetahuan. Buku “Serba-Serbi Pengelolaan Jurnal” karya Achmad Zulfikar menjadi panduan esensial bagi mereka yang terlibat dalam dunia penelitian.

Buku ini tidak hanya memberikan panduan teknis, melainkan juga wawasan mendalam tentang etika, proses review, dan konsep-konsep penting dalam mengelola jurnal ilmiah. Ini menjadi pedoman bagi mereka yang baru memulai perjalanan mereka atau yang telah terjun dalam pengelolaan jurnal ilmiah. Cerita-cerita inspiratif dari lebih dari 100 penulis dalam buku ini mampu mengobati kegelisahan para pengelola jurnal.

Buku ini dibagi dengan rapi ke dalam beberapa bab, dimulai dari pemahaman dasar tentang peranan jurnal dalam dunia akademis. Zulfikar dengan cermat menjelaskan perbedaan jenis-jenis jurnal, proses review, hingga tahapan publikasi. Penjelasan sistematis membuat buku ini sangat sesuai untuk mahasiswa, peneliti, dan para akademisi yang ingin memahami seluk-beluk pengelolaan jurnal.

 

Keunggulan buku ini terletak pada kemampuan Zulfikar untuk menyederhanakan konsep-konsep kompleks. Bahasanya yang mudah dipahami membuat topik yang awalnya rumit menjadi lebih terjangkau. Contoh-contoh kasus yang diberikan juga mempermudah pembaca mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dalam praktik sehari-hari.

Poin penting dalam buku ini adalah penekanan pada etika penelitian dan publikasi. Zulfikar secara tegas membahas masalah plagiatisme, otoritas etika, dan norma-norma keilmuan lainnya. Ini memberikan nilai tambah, menjadikan buku ini tidak hanya sebagai panduan teknis, tetapi juga sebagai sumber referensi yang dapat membentuk peneliti yang berintegritas.

Kelemahan buku ini mungkin terletak pada kurangnya pemahasan dalam beberapa aspek tertentu, seperti tren terkini dalam dunia penerbitan ilmiah atau teknologi yang mendukung pengelolaan jurnal. Seiring perkembangan cepat di bidang ini, penambahan informasi terkini akan membuat buku ini lebih holistik.

Secara keseluruhan, “Serba-Serbi Pengelolaan Jurnal” adalah panduan yang sangat berguna bagi siapa pun yang terlibat dalam dunia penelitian. Dengan gaya penulisan yang lugas dan pendekatan yang praktis, Achmad Zulfikar membantu membuka pintu bagi para pembaca untuk memahami dan mengelola jurnal ilmiah dengan lebih efektif.

Related Posts

Memahami Esensi Pemerintahan Daerah: Sejarah, Desentralisasi, dan Pembagian Kekuasaan

Dalam episode terbaru Podcast Budosen dari Perpustakan Umsida memaparkan isi...

Kepala Perpustakaan UMSIDA Perkuat Jaringan Internasional Melalui Kunjungan Strategis ke Astana, Kazakhstan

Astana, Kazakhstan – Dalam rangka memperkuat kerjasama internasional dan meningkatkan...

Perpustakaan UMSIDA Gandeng Universitas di Almaty untuk Kolaborasi Pengelolaan Jurnal Ilmiah

Almaty, Kazakhstan – Dalam rangkaian upaya untuk meningkatkan kerjasama internasional...