Sistem Basis Data dan SQL

Resensi Buku

Judul               : Sistem Basis Data dan SQL           

Pengarang     : Didik Setiyadi

Penerbit          : Mitra Wacana Media

Tahun Terbit  : 2020

Pemahaman mendalam tentang Sistem Basis Data dan SQL menjadi krusial dalam era informasi saat ini. Fungsi utamanya melibatkan kemampuan untuk menyediakan akses yang efisien dan aman terhadap data, memastikan integritas data, dan mendukung pengambilan keputusan yang informasional.

Dalam buku berjudul “Sistem Basis data dan SQL, Didik Setiyadi menawarkan wawasan yang kokoh dan pemahaman praktis untuk pembaca yang tertarik dalam bidang manajemen basis data. Penulis berhasil menyajikan materi-materi kompleks dengan cara yang mudah dipahami. Buku ini mencakup dasar-dasar sistem basis data dan kemudian membimbing pembaca melalui berbagai konsep lanjutan, termasuk desain basis data, normalisasi, dan implementasi SQL. Pendekatan step-by-step yang diambil oleh penulis membantu pembaca membangun fondasi yang kuat dalam merancang dan mengelola basis data.

Salah satu kelebihan utama buku ini adalah penekanannya pada penggunaan SQL (Structured Query Language). Setiap topik dibahas secara rinci dengan contoh-contoh praktis menggunakan perintah SQL, memungkinkan pembaca untuk mengaplikasikan pengetahuan mereka secara langsung. Hal ini membantu mahasiswa, profesional IT, dan pembaca umum untuk menguasai keterampilan penting dalam bekerja dengan basis data.

Buku ini tidak hanya membahas teori, tetapi juga memberikan solusi nyata untuk masalah-masalah yang mungkin dihadapi oleh praktisi basis data. Dengan menggabungkan teori dan aplikasi praktis, buku ini cocok sebagai bahan referensi untuk perkuliahan, panduan mandiri, atau sumber belajar bagi mereka yang ingin memahami dan menguasai sistem basis data.

“Sistem Basis Data dan SQL” merupakan karya panduan komprehensi bagi siapa pun yang ingin memahami sistem basis data dan menguasai SQL. Dengan penjelasan yang jelas, contoh praktis, dan pendekatan yang sistematis, buku ini memenuhi kebutuhan pembaca dari berbagai tingkat keahlian dalam bidang basis data.

 

Buku Ini dapat diakses di Perpustakaan UMSIDA, dengan tautan pencarian berikut : https://perpustakaan.umsida.ac.id/index.php?p=show_detail&id=60666&keywords=didik+setiyadi

Related Posts

Memahami Esensi Pemerintahan Daerah: Sejarah, Desentralisasi, dan Pembagian Kekuasaan

Dalam episode terbaru Podcast Budosen dari Perpustakan Umsida memaparkan isi...

Kepala Perpustakaan UMSIDA Perkuat Jaringan Internasional Melalui Kunjungan Strategis ke Astana, Kazakhstan

Astana, Kazakhstan – Dalam rangka memperkuat kerjasama internasional dan meningkatkan...

Perpustakaan UMSIDA Gandeng Universitas di Almaty untuk Kolaborasi Pengelolaan Jurnal Ilmiah

Almaty, Kazakhstan – Dalam rangkaian upaya untuk meningkatkan kerjasama internasional...