ORCID Memberikan Kepercayaan Kepada Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo untuk Berpartisipasi dalam Roundtable Meeting Scholarly Communication di UI

Pada tanggal 17 Juli 2024, Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo turut serta dalam acara Roundtable Meeting yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia, ORCID, dan Public Knowledge Project (PKP). Acara ini bertujuan untuk mendiskusikan tantangan dan peluang dalam komunikasi ilmiah di Indonesia, khususnya terkait penerbitan jurnal, manajemen penelitian, Open Science, dan kebijakan terkait.

Acara yang diadakan di Pusat Administrasi Universitas Indonesia ini dihadiri oleh para pakar dan pemangku kepentingan dalam ekosistem penelitian. Prof. Agung Waluyo, Direktur Pengabdian kepada Masyarakat dan Pemberdayaan Universitas Indonesia, membuka acara dengan menyatakan bahwa pertemuan ini sejalan dengan tujuan UI untuk menjadi universitas yang berdampak global.

Estelle Cheng dari ORCID menyoroti pentingnya memperhatikan perkembangan cepat komunitas akademik di Indonesia dan peran infrastruktur open access dalam mendukungnya. Ia juga menekankan perlunya memaksimalkan data yang ada untuk kemaslahatan Indonesia.

Maria Lamury dari PKP menyatakan dukungannya terhadap perkembangan komunikasi ilmiah di Indonesia dan kesiapan PKP untuk mendukung kebutuhan ekosistem publikasi ilmiah di Indonesia dengan fitur dan plugin baru.

Mochammad Tanzil Multazam, Direktur Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, menyarankan kerjasama antara ORCID dan Perpusnas dengan menjadikan Perpusnas sebagai anggota ORCID dan mewajibkan pendaftaran ISBN melampirkan ORCID ID. Hal ini diharapkan dapat memudahkan pelacakan originalitas ISBN secara global dan memaksimalkan adopsi ORCID di Indonesia.

Selain itu, Tanzil juga mengusulkan sinkronisasi informasi penulis di OJS dengan ORCID, serta komunikasi intensif dengan pemerintah tentang integrasi ORCID dengan SINTA untuk meminimalkan proses verifikasi penulis dan memaksimalkan layanan SINTA.

Sicilia dari DRPM Unpad dan Unpad Press juga mendukung integrasi ORCID dengan SINTA untuk memudahkan peneliti di Indonesia dalam mengelola akun-akun mereka.

Acara ini menghasilkan beberapa rekomendasi penting dan langkah-langkah lanjutan untuk meningkatkan komunikasi ilmiah di Indonesia, dengan dukungan penuh dari ORCID dan PKP.

Related Posts

Inovasi

Inovasi Statistik di Perpustakaan UMSIDA: Pojok Statistik Virtual dan Program Agen Statistik untuk Meningkatkan Partisipasi Mahasiswa
May 17, 2024
Kesempatan Emas Bagi Dosen UMSIDA: Ikuti Hibah Buku Ajar dan Referensi 2024
March 25, 2024
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo sebagai Inisiator Silkroad Research Network dalam Meningkatkan Kolaborasi Publikasi Ilmiah Global
December 10, 2023

Prestasi

UMSIDA Press Dipercaya Terbitkan Buku Pegangan Wajib Universitas Ekonomi Terkemuka Uzbekistan
October 12, 2024
Direktur Perpustakaan UMSIDA Hadiri Ulang Tahun ke-25 Esil University dan Konferensi Internasional di Kazakhstan sebagai Tamu Kehormatan dan Pembicara Utama
October 3, 2024
Direktur Perpustakaan UMSIDA Memberikan Guest Lecture di Kazakhstan
October 2, 2024
Mahkamah Konstitusi Percayakan Direktur Perpustakaan UMSIDA Sebagai Narasumber dalam Workshop Digital Court Library dan Manajemen Jurnal untuk Ketiga Kalinya
September 22, 2024
Penghargaan Publikasi Ilmiah 2023-2024: Dorongan UMSIDA untuk Dosen Berprestasi
September 13, 2024

Kerjasama

Kunjungan Startup Corner dan Serikat Usaha Muhammadiyah ke Perpustakaan UMSIDA Tingkatkan Layanan Digital
October 14, 2024
Penandatanganan Kerjasama Perpustakaan UMSIDA dengan Alem University untuk Pengembangan Publikasi Ilmiah dan Literasi
October 13, 2024
UMSIDA Press Dipercaya Terbitkan Buku Pegangan Wajib Universitas Ekonomi Terkemuka Uzbekistan
October 12, 2024
Perpustakaan UMSIDA Jalin Kerjasama dengan Plekhanov Russian University of Economics Tashkent
October 1, 2024
UMSIDA dan Perpusnas RI Jalin Kerja Sama Strategis untuk Pengembangan Perpustakaan Berbasis Teknologi
August 30, 2024

Kegiatan Literasi

Kenalkan StrikePlagiarism: Aplikasi Keren untuk Cek Plagiarisme, Solusi Baru Bagi Mahasiswa UMSIDA
October 16, 2024
Menggali Pentingnya Audit Internal & Deteksi Kecurangan: Bedah Buku Bersama Ahli UMSIDA
October 11, 2024
UMSIDA Adakan Online Literacy Class: “StrikePlagiarism, Aplikasi Canggih untuk Cek Plagiarisme Dosen
October 10, 2024
UMSIDA Maksimalkan Layanan Perpustakaan untuk Mahasiswa Melalui Kelas Literasi Online
October 2, 2024
AI dalam Dunia Akademik: Perpustakaan UMSIDA Fasilitasi Kelas Literasi untuk Dosen
September 24, 2024