Inovasi Pembelajaran Menuju Sekolah Unggul: Bedah Buku Bersama Wakil Rektor 3 UMSIDA

Memasuki episode ke-8 dari acara Podcast BuDosen (Bedah Buku Ajar Dosen), Perpustakaan UMSIDA mengundang, Dr. Nurdyansyah, S.Pd., M.Pd., selaku Wakil Rektor 3 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, yang juga merupakan pakar teknologi pendidikan untuk membahas konsep dan strategi untuk menciptakan sekolah unggul. Diskusi ini berangkat dari buku beliau yang berjudul “Inovasi Pembelajaran Sekolah Unggul” yang ditujukan sebagai panduan bagi para pendidik dan perancang kebijakan pendidikan. Podcast yang tayang pada Jumat, 12 Januari 2024 di pandu oleh Pustakawan UMSIDA yaitu Nurhayati, S.IIP., yang dapat disaksikan di kanal Perpustakaan UMSIDA.

Dr. Nurdyansyah menjelaskan bahwa perancangan sekolah unggul melibatkan pemahaman mendalam terhadap pondasi pendidikan, dari sumber daya manusia (SDM), sarana-prasarana, hingga pengembangan kurikulum. Dalam bukunya, ia membahas filosofi pendidikan, model pembelajaran, strategi pengajaran, dan pendekatan yang terintegrasi untuk membentuk sekolah unggul

Pembeda utama sekolah unggul, menurut Dr. Nurdyansyah, terletak pada tiga kategori kunci: sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, sarana-prasarana yang memadai, dan pengembangan kurikulum yang terkait dengan kebutuhan zaman. SDM sekolah unggul diharapkan memiliki kualifikasi tinggi, seperti minimal gelar S2, bahkan profesor, untuk memberikan pendidikan yang berkualitas, ujarnya.

Dr. Nurdyansyah juga menyoroti pentingnya digitalisasi dalam proses pembelajaran anak-anak. Ia menegaskan bahwa sekolah unggul harus mampu memanfaatkan teknologi secara efektif dan efisien, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik

Dalam diskusi mengenai praktik lapangan, Dr. Nurdyansyah memberikan contoh beberapa sekolah unggul di Surabaya yang mengalami kendala dalam mengimplementasikan rencana pengembangan. Salah satu tantangan utama adalah kurangnya kesadaran dan pemahaman dari kepala sekolah dan staf terkait rencana pengembangan jangka Panjang. Tanpa adanya rencana pengembangan jangka Panjang yang tersusun secara pasti, maka sekolah akan kesulitan untuk mengukur perkembangan dirinya dan menentukan langkah selanjutnya untuk berkembang lebih maju.

Buku ini juga mencerminkan keinginan Dr. Nurdyansyah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap dunia pendidikan. Ia menekankan perlunya kesadaran sekolah unggul terhadap perubahan, serta perlunya indikator kinerja yang jelas untuk memastikan mutu pendidikan yang berkelanjutan.

Dipenghujung acara, Narasumber Podcast, Dr. Nurdyansyah mengajak semua pihak terlibat dalam pendidikan untuk merencanakan masa depan sekolah, menetapkan indikator kinerja, dan menjalankan perbaikan terus-menerus untuk mencapai visi sekolah yang lebih baik. Buku ini diharapkan dapat menjadi panduan berharga bagi para pendidik dan perancang kebijakan pendidikan di Indonesia, membawa pendidikan menuju arah yang lebih inovatif dan berkualitas.

Buku Ajar Inovasi Pembelajaran Sekolah Unggul dapat diakses pada laman:

URL: https://press.umsida.ac.id/index.php/umsidapress/article/view/978-623-7578-69-7

Katalog Perpustakaan:

https://perpustakaan.umsida.ac.id/index.php?p=show_detail&id=64879&keywords=Inovasi+Pembelajaran+Sekolah+Unggul

Podcast Budosen dapat didengarkan pada:

Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=4Qf4g1ODrxI&list=PLzqXL5b3dHnrSJMD0pJmkHkfpycAiUGoD&index=1

Noice: https://open.noice.id/content/55e07910-2870-4eec-8832-d3d7e410e2c7

Spotify: https://anchor.fm/umsida-library/episodes/Sekolah-Unggul-Inovasi-Pendidikan-dan-Langkah-Strategis-Menuju-Masa-Depan-e2e9rv0

Related Posts

Memahami Esensi Pemerintahan Daerah: Sejarah, Desentralisasi, dan Pembagian Kekuasaan

Dalam episode terbaru Podcast Budosen dari Perpustakan Umsida memaparkan isi...

Kepala Perpustakaan UMSIDA Perkuat Jaringan Internasional Melalui Kunjungan Strategis ke Astana, Kazakhstan

Astana, Kazakhstan – Dalam rangka memperkuat kerjasama internasional dan meningkatkan...

Perpustakaan UMSIDA Gandeng Universitas di Almaty untuk Kolaborasi Pengelolaan Jurnal Ilmiah

Almaty, Kazakhstan – Dalam rangkaian upaya untuk meningkatkan kerjasama internasional...