Kepala Perpustakaan UMSIDA Jajaki Kerjasama Pengelolaan Jurnal Ilmiah di Kyrgyzstan

Bishkek, Kyrgyzstan – Sebagai bagian dari inisiatif untuk memperluas jaringan kerjasama internasional dan meningkatkan kualitas publikasi ilmiah, Kepala Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSida) baru-baru ini melakukan kunjungan ke Kyrgyzstan. Kunjungan ini bertujuan untuk menjajaki peluang kerjasama dalam pengelolaan jurnal ilmiah dan publikasi ilmiah dengan beberapa universitas terkemuka di negara tersebut.

Selama kunjungan, delegasi UMSIDA mengadakan pertemuan dengan perwakilan dari tiga institusi pendidikan tinggi di Bishkek, yaitu Institute of Targeted Training for Pedagogical Teaching Personnel named after I. Ch. Isamidinov, Adam University, dan Kyrgyz State Academy of Physical Culture and Sports. Diskusi tersebut berfokus pada penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA), yang mencakup kolaborasi dalam bidang exchange student, double degree, joint research, serta khususnya pengelolaan jurnal ilmiah dan publikasi ilmiah.

Kerjasama ini diharapkan dapat memanfaatkan keahlian dan pengalaman UMSIDA dalam pengelolaan dan peningkatan kualitas jurnal ilmiah, yang telah diakui secara internasional. Melalui kerjasama ini, universitas di Kyrgyzstan dapat meningkatkan visibilitas dan kualitas publikasi ilmiahnya, memberikan kontribusi yang lebih luas kepada komunitas ilmiah global. Ini juga akan memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan praktek terbaik dalam pengelolaan jurnal, dari proses review hingga diseminasi pengetahuan.

Kepala Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo menjelaskan skema kolaborasi pada Wakil Rektor Kyrgyz State Academy of Physical Culture and Sports

Selain itu, kerjasama ini juga menandai langkah penting bagi kedua belah pihak untuk terlibat dalam jaringan penelitian yang lebih luas, termasuk Silkroad Research Network. Jaringan ini bertujuan untuk menghubungkan institusi pendidikan dan penelitian di sepanjang jalur sutra, mempromosikan kolaborasi penelitian dan publikasi ilmiah.

Penyerahan MoU dengan Kyrgyz State Academy of Physical Culture and Sports
Penandatangan MoA dengan Adam University

Kepala Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo menekankan pentingnya kerjasama ini, “Melalui kerjasama ini, kami berharap tidak hanya meningkatkan kualitas jurnal ilmiah kami, tetapi juga memperkuat hubungan akademik dan penelitian antara Indonesia dan Kyrgyzstan. Ini adalah kesempatan untuk saling belajar dan berbagi pengetahuan yang akan bermanfaat bagi kedua negara.”

Penyerahan MoU kepada Direktur Institute of Targeted Training for Pedagogical Teaching Personnel named after I. Ch. Isamidinov

Kunjungan ini merupakan bukti komitmen UMSIDA terhadap peningkatan kualitas akademik dan penelitian melalui kerjasama internasional. Dengan memperkuat kolaborasi di bidang pengelolaan jurnal ilmiah dan publikasi ilmiah, UMSIDA dan universitas mitra di Kyrgyzstan berharap dapat mencapai standar global dalam penelitian dan pendidikan, memberikan kontribusi signifikan terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Related Posts