Kepala Perpustakaan UMSIDA Perkuat Jaringan Internasional Melalui Kunjungan Strategis ke Astana, Kazakhstan

Astana, Kazakhstan – Dalam rangka memperkuat kerjasama internasional dan meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian, Kepala Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSida) baru-baru ini melakukan serangkaian kunjungan penting ke Astana, ibukota Kazakhstan. Kunjungan ini difokuskan pada pembangunan jaringan dan kerjasama dengan beberapa universitas terkemuka di Astana, yaitu AML Academy, Esil University, dan L.N. Gumilyov Eurasian National University.

Astana, sebagai ibukota Kazakhstan, dikenal sebagai pusat administrasi, politik, dan pendidikan yang penting. Kota ini merupakan rumah bagi beberapa institusi pendidikan tinggi yang prestisius, menjadikannya lokasi strategis untuk membangun dan memperkuat hubungan akademik internasional.

Selama kunjungan ke AML Academy dan Esil University, Kepala Perpustakaan UMSida mengadakan diskusi intensif mengenai potensi kerjasama di bidang pengelolaan jurnal ilmiah, pertukaran mahasiswa, dan program peningkatan literasi ilmiah. Diskusi ini bertujuan untuk menjajaki peluang kolaborasi yang dapat mendukung peningkatan kualitas pendidikan dan penelitian di kedua universitas.

MoA Perpustakaan UMSIDA dengan Esil University
Kepala Perpustakaan UMSIDA menjelaskan skema kolaborasi kepada jajaran rektorat Esil University

Puncak dari rangkaian kunjungan ini adalah pertemuan dengan perwakilan dari L.N. Gumilyov Eurasian National University, yang menandakan standar akademik dan penelitian yang tinggi. Kerjasama dengan universitas ini diharapkan dapat membuka peluang yang lebih luas untuk penelitian bersama, publikasi ilmiah, dan program akademik yang saling menguntungkan. Informasi lebih lanjut tentang universitas ini dapat ditemukan di situs web mereka: https://www.enu.kz/en.

Kunjungan ini tidak hanya menghasilkan diskusi produktif tentang kerjasama masa depan tetapi juga menegaskan komitmen UMSida untuk berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan dan penelitian melalui kerjasama internasional. Kepala Perpustakaan UMSida menyatakan optimisme atas potensi kerjasama yang telah dijajaki, “Kami sangat antusias dengan prospek kerjasama yang telah kami bahas. Kami percaya bahwa kerjasama ini akan memberikan manfaat yang signifikan bagi kedua belah pihak, tidak hanya dalam hal akademik dan penelitian tetapi juga dalam memperkuat hubungan budaya dan intelektual antara Indonesia dan Kazakhstan.”

MoA Perpustakaan UMSIDA dengan AML Academy
Kepala Perpustakaan UMSIDA memberikan pelatihan singkat mengenali Jurnal Ilmiah Bereputasi

Kunjungan ini menandai langkah penting dalam upaya UMSida untuk memperluas jaringan internasionalnya dan meningkatkan kontribusi universitas terhadap komunitas akademik dan penelitian global. Melalui kerjasama ini, UMSida berharap untuk memperdalam pengertian dan kolaborasi di antara institusi pendidikan tinggi di berbagai negara, memajukan pengetahuan dan inovasi untuk menghadapi tantangan global saat ini.

Kepala Perpustakaan UMSIDA memberikan Guest Lecturer pada Mahasiswa Post Graduate Eurasia National University

Related Posts