Menuju Lulus Tanpa Skripsi : Opsi Alternatif dan Panduan Archive UMSIDA

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) kembali menggelar inisiatif edukatif yang menarik perhatian, kali ini melalui kelas Online Literacy Class (OLC) yang diselenggarakan secara daring pada tanggal 23 Februari 2024. Acara tersebut dihadiri oleh mahasiswa dalam beragam tingkatan semester yang tertarik mengenai karya alternatif pengganti skripsi.

Alternatif lulus tanpa skripsi ini merupakan langkah inovatif yang diadopsi oleh beberapa perguruan tinggi, termasuk UMSIDA, untuk memberikan kesempatan lebih luas bagi mahasiswa yang memiliki minat dan potensi di luar penelitian akademik tradisional. Dalam alternatif ini, mahasiswa dapat menggantikan skripsi dengan berbagai proyek kreatif, seperti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), magang kerja, karya monumental, penulisan artikel ilmiah, dan partisipasi dalam lomba tingkat nasional dan internasional

Narasumber kelas OLC, MT. Multazam menjelaskan bahwa mahasiswa dapat memilih opsi yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka, dengan syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi. Misalnya, bagi mahasiswa S1, karya alternatif yang diakui sebagai pengganti skripsi adalah karya yang dikerjakan di semester 5, namun karya yang dikerjakan sebelum itu dapat diakui jika hasilnya keluar di semester 5.

Narasumber juga memperkenalkan panduan penggunaan Archive, yang merupakan sumber informasi yang kaya dan penting dalam penelitian. Panduan tersebut dapat diakses melalui tautan: https://library.umsida.ac.id/download/. “Menggunakan Archive dengan baik dapat membantu mahasiswa dalam penelitian dan pengembangan karya akademiknya. Panduan ini penting untuk dipahami dan dimanfaatkan dengan baik,” ujar narasumber.

Dalam kesempatan tersebut, juga diungkapkan bahwa mahasiswa diharapkan melakukan komunikasi intensif dengan program studi masing-masing untuk menentukan karya yang sesuai dengan kebutuhan dan minatnya. Hal ini penting agar mahasiswa dapat memanfaatkan alternatif skripsi dengan efektif.

Acara ini merupakan bagian dari upaya Perpustakaan UMSIDA dalam memberikan layanan pendidikan dan literasi yang komprehensif bagi mahasiswa dan akademisi. Diharapkan, dengan pengetahuan yang diperoleh dari kelas OLC ini, mahasiswa dapat lebih siap menghadapi tantangan akademik dan profesional di masa depan.

Online Literacy Class dapat disimak pada tautan:

Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=SGL-Prp_Wbw&t=87s

Noice: https://open.noice.id/content/4b4591a5-9d26-48e3-bbf8-c07ee3e2aa69

Spotify: https://podcasters.spotify.com/pod/show/umsida-library/episodes/Membangun-Karier-Tanpa-Skripsi-Menggali-Alternatif-Kreatif-Mahasiswa-e2g9bnh

Related Posts