Mohammad Nadjikh Penggerak Saudagar Muhammadiyah

Resensi Buku

Judul               : Mohammad Nadjikh Penggerak Saudagar Muhammadiyah   

Pengarang     : Biyanto

Penerbit          : Hikmah Press

Tahun Terbit  : 2020

Dr. Ir. Mohammad Nadjikh atau yang biasa disapa dengan pak Nadjikh merupakan sosok pengusaha yang tak pernah lelah dalam memajukan perekonomian di Indonesia. Di lingkungan Muhammadiyah, pengabdiannya tak kenal lelah dalam memajukan majelis ekonomi

Buku ini merupakan karya persembahan dari Prof. Biyanto yang menyorot kehidupan dan kontribusi Muhammad Nadjikh, seorang tokoh yang tidak hanya berkiprah sebagai pengusaha sukses, tetapi juga sebagai pionir yang mendukung pertumbuhan ekonomi dalam konteks keislaman. Penulis dengan cermat memaparkan perjalanan hidup Nadjikh, menggali akar keberhasilannya, serta menyoroti bagaimana ia mampu mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam setiap aspek kehidupan dan bisnisnya.

Salah satu keunggulan buku ini adalah narasi yang menghidupkan kembali suasana dan tantangan yang dihadapi Nadjikh dalam mengembangkan bisnisnya, sekaligus mempertahankan prinsip-prinsip moral dan etika Islam. Pembaca akan merasa terinspirasi oleh dedikasi Nadjikh dalam menciptakan model bisnis yang tidak hanya berfokus pada kesuksesan finansial, tetapi juga pada pemberdayaan dan kesejahteraan umat.

Penulis berhasil menyajikan informasi secara terstruktur, mulai dari latar belakang pribadi Nadjikh, peran dan dampaknya di dalam Muhammadiyah, hingga pencapaian-pencapaiannya dalam dunia bisnis. Selain itu, penulis juga menggambarkan bagaimana Nadjikh berusaha membangun jaringan komunitas ekonomi yang kokoh di lingkungan Muhammadiyah, menjadikan buku ini sebagai sumber inspirasi bagi pembaca yang tertarik dengan perpaduan antara keberhasilan bisnis dan kepedulian sosial.

Secara keseluruhan, “Muhammad Nadjikh: Penggerak Saudagar Muhammadiyah” merupakan sebuah karya biografis sekaligus inspiratif, mengenai kisah seseorang yang mampu menciptakan dampak positif dalam masyarakatnya melalui pengembangan ekonomi yang berbasis pada nilai-nilai keagamaan. Buku ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang ingin mendalami kisah perjalanan hidup tokoh inspiratif dan memahami bagaimana muatan nilai keagamaan dapat diintegrasikan dalam dunia bisnis.

 

Buku Ini dapat diakses di Perpustakaan UMSIDA, dengan tautan pencarian berikut : https://perpustakaan.umsida.ac.id/index.php?p=show_detail&id=60751&keywords=biyanto

Related Posts

Memahami Esensi Pemerintahan Daerah: Sejarah, Desentralisasi, dan Pembagian Kekuasaan

Dalam episode terbaru Podcast Budosen dari Perpustakan Umsida memaparkan isi...

Kepala Perpustakaan UMSIDA Perkuat Jaringan Internasional Melalui Kunjungan Strategis ke Astana, Kazakhstan

Astana, Kazakhstan – Dalam rangka memperkuat kerjasama internasional dan meningkatkan...

Perpustakaan UMSIDA Gandeng Universitas di Almaty untuk Kolaborasi Pengelolaan Jurnal Ilmiah

Almaty, Kazakhstan – Dalam rangkaian upaya untuk meningkatkan kerjasama internasional...