Perpajakan : Konsep, Aplikasi, Contoh dan Studi Kasus

Resensi Buku

Judul               : Perpajakan : Konsep, Aplikasi, Contoh dan Studi Kasus

Penyunting    : Abdul Halim

Penerbit          : Salemba Empat

Tahun Terbit  : 2020

Buku berjudul “Perpajakan: Konsep, Aplikasi, Contoh, dan Studi Kasus,” yang ditulis oleh Abdul Halim, hadir sebagai panduan komprehensif bagi pembaca dalam memahami dasar-dasar perpajakan, aplikasi praktisnya, serta studi kasus yang relevan. penulis menguraikan konsep-konsep dasar perpajakan secara sistematis, mulai dari jenis-jenis pajak, prinsip-prinsip dasar, hingga prosedur administrasi yang terkait dengan pelaksanaan perpajakan.

Buku ini tidak hanya berfungsi sebagai panduan teoritis, tetapi juga menyajikan aplikasi praktis dari konsep-konsep perpajakan dalam situasi nyata. Dengan mempersembahkan contoh-contoh kasus dan studi kasus yang relevan, pembaca diajak untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritis yang diperoleh ke dalam konteks praktis, sehingga memperkaya pemahaman mereka tentang perpajakan. Selain itu, buku ini juga bertujuan untuk memberikan wawasan tentang dinamika perpajakan dalam konteks global yang terus berubah. penulis membahas perkembangan terbaru dalam kebijakan perpajakan, isu-isu kontemporer yang berkaitan dengan perpajakan internasional, serta dampak perubahan teknologi dan ekonomi terhadap sistem perpajakan.

Perpajakan merupakan salah satu instrumen kebijakan ekonomi yang vital dalam pengelolaan keuangan negara dan redistribusi kekayaan. Dalam konteks modern, perpajakan tidak hanya berfungsi sebagai sumber pendapatan negara, tetapi juga sebagai alat untuk mengatur distribusi pendapatan, mendorong investasi, dan mengontrol inflasi.

Dengan menyediakan penjelasan yang komprehensif, contoh kasus yang aplikatif, dan analisis yang mendalam tentang isu-isu terkini, “Perpajakan: Konsep, Aplikasi, Contoh, dan Studi Kasus” menjadi sumber yang berharga bagi siapa saja yang tertarik dalam memahami lebih lanjut tentang perpajakan. Buku ini bukan hanya menjadi bacaan yang berguna dalam lingkup akademis, tetapi juga sebagai panduan praktis bagi para praktisi perpajakan dan mereka yang terlibat dalam pengambilan kebijakan ekonomi dan fiskal. Dengan demikian, buku ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam memperluas pemahaman tentang perpajakan dan mempromosikan kesadaran akan pentingnya manajemen perpajakan yang efektif dalam konteks ekonomi global saat ini.

 

Buku ini dapat dibaca di Perpustakaan UMSIDA, akses lebih lanjut di laman :

https://perpustakaan.umsida.ac.id/index.php?p=show_detail&id=60566&keywords=abdul+halim   

Related Posts