Strategi Bijak Memilih Jurnal Ilmiah: Insight dari OLC UMSIDA Bersama Mochammad Tanzil Multazam, S.H., M.Kn.

SIDOARJO, 19 Januari 2024 – Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) berhasil menyajikan wacana mendalam mengenai “Bijak Memilih Jurnal Ilmiah” melalui Online Literacy Class (OLC). Acara yang dihadiri oleh mahasiswa, peneliti, dan dosen ini menghadirkan narasumber terkemuka, Mochammad Tanzil Multazam, S.H., M.Kn., seorang dosen hukum dan kepala perpustakaan UMSIDA.

Berikut ringkasan materi yang diungkapkan oleh Tanzil Multazam dalam OLC yang dipenuhi antusiasme peserta:

1. Think, Check, Submit: Panduan Kritis dalam Memilih Jurnal Ilmiah

Peserta diajak untuk mempertimbangkan dengan seksama dan memverifikasi reputasi suatu jurnal ilmiah sebelum mengirimkan karya ilmiah. Langkah ini penting untuk menghindari jurnal-jurnal yang tidak terakreditasi atau memiliki kredibilitas rendah.

2. Level Jurnal: Pentingnya Menyesuaikan dengan Tujuan Penelitian

Tanzil Multazam menekankan bahwa setiap penelitian memiliki kebutuhan publikasi yang berbeda. Oleh karena itu, pemilihan jurnal ilmiah seharusnya sesuai dengan level atau kelas jurnal yang sesuai dengan tujuan dan tingkat kontribusi penelitian.

3. Lembaga Pengindeks: Memastikan Jurnal Tersertifikasi dan Terindeks dengan Baik

Sebagai peneliti yang bijak, peserta diajak untuk mengevaluasi apakah jurnal ilmiah yang dipilih telah terdaftar di lembaga pengindeks ternama. Keberadaan di lembaga pengindeks terkemuka menandakan kredibilitas dan standar kualitas yang tinggi.

4. Faktor Dampak: Ukuran Relevansi dan Pengaruh Jurnal

Dalam memilih jurnal ilmiah, Tanzil Multazam memberi penekanan pada faktor dampak. Mahasiswa dan peneliti diingatkan untuk mempertimbangkan sejauh mana suatu jurnal dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan penelitian dan bidang ilmu tertentu.

5. List Publisher Ternama: Identifikasi Penerbit Berkualitas Tinggi

Peserta diajak untuk mengidentifikasi jurnal-jurnal yang diterbitkan oleh penerbit ternama. Penerbit berkualitas tinggi cenderung memiliki proses editorial yang ketat, sehingga memastikan bahwa jurnal-jurnal yang diterbitkannya memiliki kualitas yang baik.

Acara berlangsung dengan penuh antusiasme, dan pertanyaan dari peserta menunjukkan keinginan untuk lebih memahami strategi bijak dalam memilih jurnal ilmiah. Dengan bahasa akademik yang kaya dan mendalam, Mochammad Tanzil Multazam berhasil menyampaikan pesan-pesan kritis ini kepada peserta OLC, memupuk semangat literasi online di kalangan mahasiswa dan peneliti UMSIDA.

Online Literacy Class dapat disimak pada:

Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=mofMDOEFdv8

Noice: https://open.noice.id/content/0869cdfb-a80a-4f0c-9dfa-0755bc2a52a8

Spotify: https://podcasters.spotify.com/pod/show/umsida-library/episodes/Petunjuk-Bijak-Memilih-Jurnal-Ilmiah-Pemahaman-Praktis-untuk-Literasi-Penelitian-e2eor9u

Related Posts

Bedah Buku: “Introduction to Coursebook Linguistics & Literature” bersama Vidya Mandarani, M.Hum.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang pentingnya linguistik dalam studi sastra,...

Perpustakaan UMSIDA Raih Juara Harapan 2 Website Terbaik di FPPTMA AWARD 2024

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) kembali menorehkan prestasi gemilang dengan...

Podcast Bedah Buku Ajar: Pentingnya Pendidikan Musik bagi Anak Usia Dini bersama Evie Destiana

Perpustakaan UMSIDA mempersembahkan episode terbaru dari Podcast Bedah Buku Ajar...