Perpustakaan UMSIDA dan Universitas di Shymkent (Kazakhstan) Jalin Kerjasama untuk Peningkatan Publikasi dan Literasi Ilmiah

Shymkent, Kazakhstan – Dalam langkah signifikan menuju peningkatan kerjasama internasional dan kualitas publikai ilmiah, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSida) melalui Kepala Perpustakaannya, telah melakukan kunjungan strategis ke Shymkent, Kazakhstan. Kunjungan ini diarahkan untuk mengembangkan kerjasama dengan Auezov South Kazakhstan State University, sebuah institusi terkemuka di Shymkent, dalam bidang pengelolaan jurnal ilmiah dan peningkatan literasi ilmiah.

Kunjungan ini berhasil membuahkan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang mencakup berbagai aspek kerjasama termasuk exchange student, double degree, joint research, dan secara khusus pengelolaan jurnal ilmiah dan program peningkatan literasi ilmiah. Inisiatif ini bertujuan untuk menguatkan kapasitas penelitian dan publikasi ilmiah di kedua universitas, serta memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan pengalaman antara dosen dan mahasiswa.

Kepala Perpustakaan UMSIDA (berpeci) bersama dengan jajaran rektorat Auezov South Kazakhstan State University

Kepala Perpustakaan UMSida menyatakan, “Kami sangat antusias untuk memulai kerjasama ini dengan Auezov South Kazakhstan State University. Kami percaya bahwa kerjasama ini akan berkontribusi besar terhadap peningkatan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah di kedua universitas. Kerjasama ini juga diharapkan dapat menjadi contoh yang baik dalam pengelolaan jurnal ilmiah dan peningkatan literasi ilmiah di tingkat regional dan internasional.”

Salah satu fokus utama kerjasama ini adalah pengembangan dan pengelolaan jurnal ilmiah yang akan melibatkan kerjasama erat antara perpustakaan kedua universitas. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas publikasi ilmiah dan memperluas akses terhadap penelitian yang berkualitas bagi komunitas akademik global.

Suasana rapat MoA Perpustakaan UMSIDA dengan Auezov South Kazakhstan State University

Selain itu, program peningkatan literasi ilmiah yang direncanakan akan memberikan pelatihan dan sumber daya kepada akademisi dan mahasiswa tentang cara-cara efektif dalam mengakses, menggunakan, dan menyebarkan informasi ilmiah. Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan penelitian dan publikasi di kalangan civitas akademika, serta memperkuat etika dan integritas akademik.

Kerjasama antara UMSida dan Auezov South Kazakhstan State University ini menandai milestone penting dalam upaya bersama untuk meningkatkan standar akademik dan penelitian, serta memperkuat kerjasama internasional dalam bidang pendidikan tinggi dan penelitian.

Related Posts