Wawasan Baru Statistik Kesehatan: Dialog Bersama Pakar UMSIDA

Dalam upaya terus menerus untuk meningkatkan pemahaman dan aplikasi statistik dalam peningkatan kualitas layanan kesehatan di Indonesia, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) mengambil inisiatif penting dengan menyelenggarakan sebuah podcast inspiratif yang bertajuk “Membuka Cakrawala Baru: Kekuatan Statistik dalam Meningkatkan Layanan Kesehatan Indonesia.” Acara ini dijadwalkan pada Jumat, 5 April 2024, pukul 13.00 WIB, dapat disaksikan di kanal Perpustakaan UMSIDA.

Dua narasumber terkemuka akan memandu diskusi ini, yaitu Umi Khoirun Nisak., SKM., M. Epid, seorang dosen berpengalaman di bidang Metodologi dan Ilmu Kesehatan dari UMSIDA, dan Bulqis Khumairo, S.IIP, seorang pustakawan dengan keahlian khusus di bidang akses informasi kesehatan. Keduanya akan mengupas tuntas tentang pentingnya statistik, pelaporan, dan analisis data dalam mengoptimalkan layanan kesehatan, serta bagaimana praktik-praktik ini dapat mempengaruhi kebijakan kesehatan dan inovasi di masa depan.

Melalui pembahasan yang mendalam, podcast ini bertujuan untuk membangun jembatan pengetahuan antara teori statistik dan aplikasinya dalam kehidupan nyata, khususnya dalam sektor kesehatan. Para pendengar akan diajak untuk menyelami bagaimana data statistik dapat digunakan untuk menilai kebutuhan kesehatan populasi, meningkatkan efisiensi operasional fasilitas kesehatan, serta memfasilitasi pengembangan teknologi medis dan strategi intervensi yang lebih tepat sasaran.

Selain itu, sesi ini juga akan menyoroti berbagai tantangan yang dihadapi dalam pengumpulan, analisis, dan interpretasi data kesehatan, serta bagaimana mengatasi hambatan tersebut untuk mendukung pengambilan keputusan yang berbasis bukti. Dengan membahas studi kasus aktual dan berbagi pengalaman langsung dari para ahli, podcast ini menjanjikan wawasan baru dan praktik terbaik yang dapat diadopsi oleh praktisi kesehatan, pembuat kebijakan, akademisi, dan masyarakat umum.

“Podcast ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya statistik dalam kesehatan,” ungkap Umi Khoirun Nisak. “Kami berharap, melalui diskusi ini, kami dapat menginspirasi lebih banyak inovasi dan peningkatan dalam layanan kesehatan di Indonesia.”

Bulqis Khumairo menambahkan, “Akses terhadap informasi kesehatan yang akurat dan terkini sangat penting. Melalui podcast ini, kami ingin menunjukkan bagaimana literatur dan sumber daya informasi bisa dimanfaatkan untuk mendukung penelitian dan praktek kesehatan yang efektif.”

Acara ini terbuka untuk umum dan sangat dianjurkan bagi siapa saja yang berkecimpung di bidang kesehatan, pendidikan, dan penelitian, serta masyarakat luas yang berkeinginan untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang statistik kesehatan. Dengan menghadirkan perspektif baru dan mendalam tentang statistik kesehatan, podcast ini diharapkan dapat menjadi titik balik dalam pemahaman dan aplikasi data untuk kesehatan yang lebih baik di Indonesia.

Buku Ajar Statistik Di Fasilitas Pelayanan Kesehatan dapat diakses pada laman:

URL: https://press.umsida.ac.id/index.php/umsidapress/article/view/978-623-6833-94-0

Katalog Perpustakaan: https://perpustakaan.umsida.ac.id/index.php?p=show_detail&id=61461&keywords=Statistik+Di+Fasilitas+Pelayanan+Kesehatan

Podcast Budosen juga dapat didengarkan pada tautan berikut:

Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=siFn-PCs7h0&t=197s

Noice: https://open.noice.id/content/7bed4d93-a054-4e8b-ac81-9d7010b4f1f5

Spotify: https://podcasters.spotify.com/pod/show/umsida-library/episodes/Angka-Angka-Menyehatkan-Wawasan-dari-Dunia-Pelayanan-Kesehatan-e2i0eel

Related Posts

Eksplorasi Layanan Perpustakaan UMSIDA dalam Webinar Edukatif bagi Dosen

Sidoarjo – Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) kembali menunjukkan komitmennya...

Inovasi Statistik di Perpustakaan UMSIDA: Pojok Statistik Virtual dan Program Agen Statistik untuk Meningkatkan Partisipasi Mahasiswa

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) terus berinovasi dengan memperkenalkan dua...

Integritas Akademik di Era Digital: UMSIDA Gelar Workshop Literasi AI

Dalam upaya meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam memanfaatkan teknologi...