A Practical Approach to Analyzing Healthcare Data

Resensi Buku

Judul               : A Practical Approach to Analyzing Healthcare Data       

Pengarang     : Susan White

Penerbit          : Ahima

Tahun Terbit  : 2021

“A Practical Approach to Analyzing Healthcare Data” karya Susan White adalah sumber yang sangat berharga bagi para profesional di bidang kesehatan dan analitik data.

Buku ini membahas secara komprehensif berbagai aspek analisis data dalam konteks layanan kesehatan. Susan White menguraikan konsep-konsep dasar analisis data, metode statistik, dan alat-alat analitik yang relevan dengan penekanan khusus pada aplikasi di industri perawatan kesehatan. Buku ini mencakup berbagai topik seperti pengumpulan data, analisis statistik, pengambilan keputusan klinis, dan evaluasi kinerja rumah sakit.

Buku ini sangat relevan dengan perkembangan terbaru dalam analisis data dan teknologi kesehatan, dengan dimasukkannya studi kasus aktual serta tren terbaru dalam industri perawatan kesehatan. Selain itu, salah satu kelebihan utama buku ini adalah pendekatan praktisnya yang memungkinkan pembaca untuk memahami konsep-konsep kompleks dengan bahasa yang mudah dipahami. Lebih jauh lagi, buku ini juga menyertakan sejumlah studi kasus yang membantu pembaca memahami bagaimana analisis data dapat diterapkan dalam situasi dunia nyata, memungkinkan pembaca untuk mengasah keterampilan analisis mereka.

Kekurangan pada buku ini terletak pada kompleksitas Materi, sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi beberapa pembaca yang belum memiliki latar belakang yang kuat dalam analisis data, sehingga memerlukan waktu ekstra untuk memahami beberapa konsep. Di samping itu, fokus terbatas buku ini pada analisis data dalam konteks perawatan kesehatan mungkin berarti bahwa buku ini tidak memberikan wawasan yang mendalam tentang analisis data dalam konteks industri lain.

Namun diluar semua kekurangannya tersebut buku ini adalah sumber yang sangat berharga bagi para profesional di bidang perawatan kesehatan yang ingin mengasah keterampilan analisis data mereka. Dengan pendekatan yang praktis dan studi kasus yang relevan, buku ini membantu membuka pintu bagi pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana data dapat digunakan untuk meningkatkan layanan kesehatan. Meskipun mungkin menantang bagi pembaca tanpa pengalaman analisis data, buku ini tetap menjadi panduan yang berharga dalam dunia analitik data kesehatan yang terus berkembang.

Related Posts

Bedah Buku: Teknik Pengomposan – Solusi Hijau dari Sampah Organik

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) dengan bangga mempersembahkan podcast spesial...

UMSIDA Mengadakan Kelas Literasi Online: “AI (Penggunaannya Sesuai Standar COPE) untuk Dosen”

Sidoarjo, 5 Juli 2024 – Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA)...

Perpustakaan UMSIDA Selenggarakan Online Literacy Class untuk Mahasiswa

Sidoarjo, 14 Juni 2024 – Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA)...