Bedah Buku: “Introduction to Coursebook Linguistics & Literature” bersama Vidya Mandarani, M.Hum.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang pentingnya linguistik dalam studi sastra, podcast terbaru kami menghadirkan sebuah diskusi yang sangat menarik dan mendalam. Kami dengan bangga mengumumkan peluncuran episode terbaru yang akan membahas buku “Introduction to Coursebook Linguistics & Literature” karya Vidya Mandarani, M.Hum., dosen Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA).

Vidya Mandarani, M.Hum., melalui bukunya menjelaskan bagaimana bahasa merupakan kunci utama dalam memahami berbagai dimensi teks sastra. Buku ini menyajikan pendekatan komprehensif terhadap linguistik dan literatur, yang sangat penting bagi mahasiswa, akademisi, dan peneliti sastra untuk menggali lebih dalam makna dari teks sastra yang mereka pelajari.

Pada episode podcast ini, Vidya akan berbagi wawasan tentang:

  1. Pentingnya Linguistik dalam Studi Sastra: Bagaimana pemahaman linguistik dapat memperkaya analisis teks sastra.
  2. Pendekatan dan Metodologi: Pendekatan yang digunakan dalam buku ini untuk mempermudah pembelajaran dan penelitian sastra.
  3. Studi Kasus dan Aplikasi Praktis: Contoh konkret bagaimana teori linguistik dapat diterapkan dalam analisis sastra.

Selain itu, sesi pembedahan buku juga akan menghadirkan Nurhayati, S.IIP, pustakawan Perpustakaan UMSIDA, yang akan memberikan perspektif dari sisi pustakawan. Nurhayati akan membahas bagaimana buku ini dapat menjadi referensi penting di perpustakaan dan bagaimana mahasiswa dapat memanfaatkannya untuk penelitian mereka.

Buku “Introduction to Coursebook Linguistics & Literature” karya Vidya Mandarani, M.Hum., adalah panduan komprehensif yang dirancang untuk membantu mahasiswa dan peneliti memahami hubungan erat antara linguistik dan sastra. Buku ini membahas konsep dasar linguistik yang penting untuk analisis teks sastra, memberikan metode praktis untuk penerapan teori linguistik dalam studi sastra, dan menawarkan studi kasus yang konkret untuk mempermudah pemahaman.

Vidya Mandarani menekankan pentingnya memahami struktur bahasa, penggunaan simbol, dan konteks sosial-budaya dalam menganalisis karya sastra. Buku ini juga dilengkapi dengan berbagai contoh dan latihan yang dirancang untuk membantu pembaca mengaplikasikan teori linguistik dalam analisis mereka sendiri. Dengan pendekatan yang sistematis dan jelas, buku ini menjadi referensi yang sangat berharga bagi siapa saja yang ingin mendalami studi linguistik dan sastra.

Buku Ajar Introduction to Coursebook Linguistics & Literature dapat diakses pada laman:

URL: https://press.umsida.ac.id/index.php/umsidapress/article/view/978-623-6833-16-2

Katalog: https://perpustakaan.umsida.ac.id/index.php?p=show_detail&id=64793&keywords=Introduction+to+Coursebook+Linguistics+%26+Literature

Podcast Budosen dapat juga disimak, pada tautan:

Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=8UBdoLOxRI4

Noice: https://open.noice.id/content/3c8f083b-bf91-4a8c-ba26-0a0445a59157

Spotify:https://podcasters.spotify.com/pod/show/umsida-library/episodes/Menggali-Sastra-Bersama-Vidya-Mandarani-Kunci-Memahami-Teks-e2ks92l

Related Posts

Bedah Buku: Teknik Pengomposan – Solusi Hijau dari Sampah Organik

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) dengan bangga mempersembahkan podcast spesial...

UMSIDA Mengadakan Kelas Literasi Online: “AI (Penggunaannya Sesuai Standar COPE) untuk Dosen”

Sidoarjo, 5 Juli 2024 – Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA)...

Perpustakaan UMSIDA Selenggarakan Online Literacy Class untuk Mahasiswa

Sidoarjo, 14 Juni 2024 – Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA)...