Mahir dalam Bibliometrik: UMSIDA Ajak Pencinta Ilmu Ungkap Tren Penelitian

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) kembali menggelar kegiatan literasi daring yang bertajuk “Terampil Melakukan Bibliometrics Analysis.” Acara yang dihadiri oleh para civitas akademisi UMSIDA ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan analisis data dalam dunia penelitian.

Dalam kegiatan yang dilangsungkan secara daring ini, Muhammad Tanzil Multazam, Kepala Perpustakaan UMSIDA menjadi narasumber utama. beliau memberikan panduan komprehensif tentang teknik-teknik dan strategi dalam melakukan analisis bibliometrik yang efektif.

Peserta kegiatan literasi daring ini dibimbing untuk memahami pentingnya meneliti tren penelitian, mengidentifikasi sumber-sumber kunci, dan menganalisis pola-pola dalam publikasi ilmiah. Mereka diajak untuk mengasah keterampilan mereka dalam menggunakan alat-alat dan teknik-teknik terkini dalam analisis data.

“Analisis bibliometrik adalah senjata penting dalam menyelami dinamika dunia penelitian,” kata narasumber. “Dengan menguasai teknik ini, kita dapat membuat keputusan yang lebih cerdas dan strategis dalam mengembangkan bidang ilmu kita.”

Kegiatan literasi daring ini merupakan bagian dari upaya Perpustakaan UMSIDA untuk meningkatkan kualitas dan keterampilan akademik para mahasiswa dan peneliti. Melalui platform daring, perpustakaan berharap dapat memfasilitasi pembelajaran yang efektif dan berkesinambungan di kalangan akademisi.

Para peserta kegiatan juga mendapat kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan narasumber, bertukar pikiran, dan mengajukan pertanyaan seputar analisis bibliometrik. Ini memberikan mereka kesempatan untuk mendalami pemahaman mereka dan mengaplikasikan keterampilan yang telah mereka pelajari dalam penelitian mereka sendiri.

Kegiatan literasi daring ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru kepada peserta, tetapi juga memperkuat komunitas akademik di UMSIDA. Diharapkan bahwa kegiatan semacam ini akan membantu mahasiswa dan dosen dalam menghadapi tantangan analisis data yang kompleks dan meningkatkan kualitas penelitian mereka.

Online Literacy Class dapat disimak pada tautan:

Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=Yp3KhGwcjA8&t=252s

Spotify: https://podcasters.spotify.com/pod/show/umsida-library/episodes/Kuasai-Dunia-Penelitian-dengan-Analisis-Bibliometrik-Kelas-Literasi-Daring-UMSIDA-e2hh8tv

Noice: https://open.noice.id/content/c0790a2f-d251-4e78-97fa-24b974b9e8f4

Related Posts

Bedah Buku: “Introduction to Coursebook Linguistics & Literature” bersama Vidya Mandarani, M.Hum.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang pentingnya linguistik dalam studi sastra,...

Perpustakaan UMSIDA Raih Juara Harapan 2 Website Terbaik di FPPTMA AWARD 2024

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) kembali menorehkan prestasi gemilang dengan...

Podcast Bedah Buku Ajar: Pentingnya Pendidikan Musik bagi Anak Usia Dini bersama Evie Destiana

Perpustakaan UMSIDA mempersembahkan episode terbaru dari Podcast Bedah Buku Ajar...