Eksplorasi Layanan Perpustakaan UMSIDA dalam Webinar Edukatif bagi Dosen

Sidoarjo – Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dengan menggelar webinar bertajuk “Layanan Perpustakaan untuk Dosen”, yang dilaksanakan pada 16 Mei 2024 melalui platform Zoom. Acara ini dihadiri oleh puluhan dosen dari berbagai fakultas, yang antusias mengikuti sesi diskusi dan presentasi mengenai berbagai layanan perpustakaan yang dapat dimanfaatkan dalam menunjang kegiatan akademik.

Dalam sambutannya, Nurhayati, S.IIP sebagai moderator, menekankan pentingnya peran perpustakaan sebagai pusat sumber informasi dan penelitian. “Perpustakaan bukan hanya tempat untuk meminjam buku, tetapi juga pusat layanan informasi yang dapat membantu dosen dan mahasiswa dalam melakukan penelitian dan publikasi ilmiah,” ujarnya.

Webinar ini menghadirkan narasumber ahli yaitu Suryo Gigih Prasetyo, S.IIP., MM. yang memaparkan tentang inovasi layanan digital perpustakaan, seperti akses ke jurnal internasional, e-books, dan repository institusi. Selain itu, peserta juga diperkenalkan dengan layanan konsultasi literatur yang dapat membantu dosen dalam menyiapkan bahan ajar dan penelitian.

Salah satu sesi yang menarik perhatian adalah presentasi tentang “Layanan Hadis” (Harmonisasi Diseminasi Ilmiah UMSIDA), yang merupakan inisiatif baru perpustakaan untuk mendukung diseminasi karya ilmiah dosen. Layanan ini dirancang untuk memfasilitasi publikasi penelitian di jurnal terindeks internasional, melalui bimbingan dan dukungan administrasi yang komprehensif.

Dalam sesi tanya jawab, para dosen mengapresiasi berbagai layanan yang ditawarkan oleh perpustakaan UMSIDA dan memberikan masukan konstruktif untuk pengembangan layanan ke depannya. “Kami berharap perpustakaan terus berinovasi dan memberikan dukungan yang maksimal kepada dosen dan mahasiswa dalam kegiatan akademik,” kata salah satu peserta.

Webinar ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang diadakan oleh Perpustakaan UMSIDA dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional dan Hari Pendidikan Nasional. Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pemanfaatan layanan perpustakaan di kalangan dosen dan mahasiswa.

Related Posts

Bedah Buku: “Introduction to Coursebook Linguistics & Literature” bersama Vidya Mandarani, M.Hum.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang pentingnya linguistik dalam studi sastra,...

Perpustakaan UMSIDA Raih Juara Harapan 2 Website Terbaik di FPPTMA AWARD 2024

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) kembali menorehkan prestasi gemilang dengan...

Podcast Bedah Buku Ajar: Pentingnya Pendidikan Musik bagi Anak Usia Dini bersama Evie Destiana

Perpustakaan UMSIDA mempersembahkan episode terbaru dari Podcast Bedah Buku Ajar...