181 Model Pembelajaran PAIKEM Berbasis Pendekatan Saintifik

Resensi Buku

Judul               : 181 Model Pembelajaran PAIKEM Berbasis Pendekatan Saintifik         

Pengarang     : Marjuki  

Penerbit          : Remaja Rosdakarya

Tahun Terbit  : 2020

Buku “181 Model Pembelajaran PAIKEM berbasis Pendekatan Saintifik” karya Marjuki adalah sebuah panduan berharga yang menyajikan beragam model pembelajaran yang didasarkan pada pendekatan Saintifik.

Buku ini bertujuan membantu para pendidik dan guru mengembangkan metode pembelajaran yang lebih inovatif, aktif, dan efektif dalam rangka menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna bagi siswa. Marjuki menguraikan 181 model pembelajaran dengan rinci, termasuk tujuan pembelajaran yang jelas, langkah-langkah implementasi, serta contoh-contoh penerapannya dalam berbagai konteks pembelajaran.

Salah satu aspek terbaik dari buku ini adalah keragaman model pembelajaran yang ditawarkan. Dengan 181 model yang berbeda, guru memiliki pilihan yang luas untuk memilih metode yang paling sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa mereka. Buku ini juga mengintegrasikan Pendekatan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan), yang membantu memotivasi siswa dan meningkatkan hasil pembelajaran. Pendekatan ini memberikan pentingnya pada peran aktif siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, setiap model pembelajaran disertai dengan contoh-contoh konkret tentang bagaimana model tersebut dapat diterapkan dalam situasi pembelajaran nyata. Hal ini membantu guru memahami konsep dan menerapkannya dengan lebih baik.

Salah satu kekurangannya mungkin Buku ini mungkin memerlukan penyesuaian agar sesuai dengan kurikulum atau konteks pembelajaran tertentu, sehingga beberapa model pembelajaran perlu diadaptasi untuk memenuhi kebutuhan kelas dan materi pelajaran. Namun, keterbatasan waktu guru juga menjadi faktor yang perlu diperhitungkan, karena buku ini berisi banyak model, sehingga guru mungkin memerlukan waktu ekstra untuk memilih, merencanakan, dan mengimplementasikannya, yang dapat menjadi tantangan, terutama dalam lingkungan pembelajaran yang padat.

Namun diluar semua kekurangannya tersebut buku ini adalah sumber yang berharga bagi pendidik dan guru yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran mereka. Dengan keragaman model pembelajaran, pendekatan yang inovatif, dan contoh penerapan yang jelas, buku ini membantu menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih interaktif, kreatif, dan efektif. Meskipun mungkin memerlukan penyesuaian dan waktu ekstra, buku ini tetap menjadi aset berharga dalam dunia pendidikan untuk memajukan pengalaman belajar siswa.

Related Posts

Bedah Buku: Teknik Pengomposan – Solusi Hijau dari Sampah Organik

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) dengan bangga mempersembahkan podcast spesial...

UMSIDA Mengadakan Kelas Literasi Online: “AI (Penggunaannya Sesuai Standar COPE) untuk Dosen”

Sidoarjo, 5 Juli 2024 – Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA)...

Perpustakaan UMSIDA Selenggarakan Online Literacy Class untuk Mahasiswa

Sidoarjo, 14 Juni 2024 – Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA)...