Membangun Pendidikan Islam yang Unggul dan Berdaya Saing Tinggi

Resensi Buku

Judul              : Membangun Pendidikan Islam yang Unggul dan Berdaya Saing Tinggi

Pengarang     : Abuddin Nata 

Penerbit          : Kencana

Tahun Terbit  : 2022

Pendidikan Islam di Indonesia menghadapi berbagai tantangan dan peluang yang harus diantisipasi dan dimanfaatkan secara optimal. Di satu sisi, pendidikan Islam memiliki potensi besar untuk memberikan kontribusi positif bagi pembangunan bangsa dan peradaban umat. Di sisi lain, pendidikan Islam juga mengalami berbagai persoalan dan kelemahan yang harus diselesaikan dan diperbaiki.

Persoalan seputar dunia Pendidikan Islam ini disadari  betul oleh Prof. Abuddin Nata, sehingga beliau menyuarakan gagasan dan pemikiran yang bersifat strategis dan inovatif untuk membangun pendidikan Islam yang unggul dan berdaya saing tinggi di era revolusi industri 4.0. Era revolusi Industri merupakan era persaingan sengit, sehingga beliau mengajak pembaca untuk melihat bahwa pendidikan Islam bukan hanya sekedar mengajarkan agama, tetapi juga harus mampu menghasilkan generasi yang memiliki keunggulan kompetitif di berbagai bidang. Disisi lain, pembentukan karakter yang kuat dan moral yang baik dalam pendidikan Islam diperlukan. Abuddin Nata mengungkapkan bahwa pendidikan Islam yang unggul bukan hanya berfokus pada aspek akademik, tetapi juga pada pembentukan akhlak dan etika yang baik. Hal ini penting agar generasi muda yang dididik dapat menjadi pemimpin yang bertanggung jawab dan berperilaku baik di masyarakat. Selain itu, buku ini juga mengajak pembaca untuk melihat pentingnya pendidikan Islam yang berdaya saing tinggi. Abuddin Nata menyoroti bahwa pendidikan Islam juga harus mampu mengikuti perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan modern agar tidak tertinggal. Ia mengajak pembaca untuk memperbarui metode dan kurikulum pendidikan Islam agar sesuai dengan tuntutan zaman yang terus berubah.

Salah satu kelebihan buku ini adalah bahasannya yang cukup komprehensif. Abuddin Nata mengupas berbagai aspek pendidikan Islam secara detail, mulai dari tujuan pendidikan Islam, peran guru dan orang tua, hingga strategi mengembangkan pendidikan Islam yang unggul. Buku ini cocok bagi siapa saja yang tertarik dengan pembahasan pendidikan Islam dan ingin mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam. Namun, ada beberapa kekurangan yang dapat ditemukan dalam buku ini. Salah satunya adalah bahasa yang digunakan terkadang cukup teknis dan sulit dipahami bagi pembaca awam. Selain itu, beberapa ide yang disampaikan oleh Abuddin Nata terkadang terasa repetitif. Hal ini dapat membuat pembaca kehilangan minat untuk terus membaca buku ini.

Secara keseluruhan, “Membangun Pendidikan Islam yang Unggul dan Berdaya Saing Tinggi” adalah sebuah buku yang memberikan pandangan yang menarik dan penting tentang pendidikan Islam. Abuddin Nata berhasil menggambarkan pentingnya pembentukan karakter dan moral yang kuat dalam pendidikan Islam, serta pentingnya mengikuti perkembangan zaman agar tidak tertinggal. Meskipun ada beberapa kekurangan, buku ini tetap layak dibaca oleh siapa saja yang ingin memperdalam pemahaman tentang pendidikan Islam.

Related Posts

Bedah Buku: Teknik Pengomposan – Solusi Hijau dari Sampah Organik

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) dengan bangga mempersembahkan podcast spesial...

UMSIDA Mengadakan Kelas Literasi Online: “AI (Penggunaannya Sesuai Standar COPE) untuk Dosen”

Sidoarjo, 5 Juli 2024 – Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA)...

Perpustakaan UMSIDA Selenggarakan Online Literacy Class untuk Mahasiswa

Sidoarjo, 14 Juni 2024 – Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA)...