Simulasi dan Sintesis Rangkaian Digital dengan Logisim dan VHDL

Resensi Buku

Judul               : Simulasi dan Sintesis Rangkaian Digital dengan Logisim dan VHDL 

Pengarang     : Jazi Eko Istiyanto

Penerbit          : Gadjah Mada University Press

Tahun Terbit  : 2023

Simulasi dan Sintesis Rangkaian Digital dengan Logisim dan VHDL” yang ditulis oleh Jazi Eko Istiyanto adalah buku yang membahas tentang penggunaan perangkat lunak Logisim dan VHDL dalam merancang dan mensimulasikan rangkaian digital.

buku ini terbagi menjadi beberapa bab yang secara komprehensif membahas langkah-langkah dalam merancang rangkaian digital menggunakan Logisim dan VHDL. Buku ini dimulai dengan pengenalan tentang dasar-dasar rangkaian digital, kemudian berlanjut dengan penjelasan mengenai Logisim dan VHDL, serta bagaimana cara menggunakan kedua perangkat lunak tersebut untuk merancang rangkaian digital. Selain itu, buku ini juga memberikan contoh-contoh kasus yang bisa digunakan untuk latihan dan pemahaman lebih lanjut.

Salah satu kelebihan utama buku ini adalah bahasa yang digunakan sangat mudah dipahami oleh pembaca yang awam dalam bidang rangkaian digital. Penulis mampu menjelaskan konsep-konsep yang rumit dengan cara yang sederhana dan disertai dengan contoh-contoh yang memudahkan pembaca untuk mengerti dan mengaplikasikan materi tersebut.

Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan gambar-gambar yang jelas dan rapi, sehingga mempermudah pembaca dalam mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan dalam buku. Hal ini sangat membantu pembaca untuk memahami konsep-konsep yang disampaikan.

Namun, salah satu kekurangan buku ini adalah kurangnya penjelasan yang mendalam mengenai beberapa konsep atau pembahasan yang lebih kompleks. Pembaca yang ingin mempelajari lebih mendalam tentang rangkaian digital mungkin perlu mencari sumber tambahan untuk memperdalam pemahaman mereka.

Buku ini cocok untuk pembaca yang baru memulai belajar tentang rangkaian digital dan ingin memahami penggunaan perangkat lunak Logisim dan VHDL. Buku ini juga cocok untuk mahasiswa atau pelajar yang sedang mengambil mata kuliah terkait rangkaian digital atau pemrograman VHDL.

Related Posts

Bedah Buku: “Introduction to Coursebook Linguistics & Literature” bersama Vidya Mandarani, M.Hum.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang pentingnya linguistik dalam studi sastra,...

Perpustakaan UMSIDA Raih Juara Harapan 2 Website Terbaik di FPPTMA AWARD 2024

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) kembali menorehkan prestasi gemilang dengan...

Podcast Bedah Buku Ajar: Pentingnya Pendidikan Musik bagi Anak Usia Dini bersama Evie Destiana

Perpustakaan UMSIDA mempersembahkan episode terbaru dari Podcast Bedah Buku Ajar...